Tips dan Trik Agar Bisnis Anak Muda Tidak Cepat Bangkrut, Wajib Kamu Terapkan!

bisnis anak muda

Pelaku bisnis saat ini ada banyak yang dijalani oleh anak muda. Hal ini dikarenakan pendapatan yang didapat dari bisnis anak muda ini bisa melebihi gaji bulanan pegawai kantoran. Tapi untuk menjalankan bisnis anak muda tidaklah semudah apa yang dibayangkan. Supaya bisnismu tidak bangkrut dan bertahan lama, simak dulu tips dari TimiKimi ini!

Berbisnis merupakan salah satu cara supaya kamu  bisa mendapatkan penghasilan yang tinggi. Pasalnya penghasilanmu tidak ditentukan oleh gaji bulanan yang diberikan oleh sebuah perusahaan atau lembaga, melainkan ditentukan dari hasil penjualan. Semakin laris bisnis yang kamu miliki, maka semakin besar keuntungan yang akan kamu dapatkan nanti. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan penghasilan yang nominalnya melebihi gaji karyawan biasa.

Saat ini bisnis bukan lagi hanya dijalankan oleh kalangan pengusaha yang berusia 40-an lebih, tapi sebagiannya sudah dijalankan anak muda alias generasi milenial. Ini dikarenakan anak muda saat ini lebih suka untuk berbisnis dibanding bekerja menjadi karyawan. Penyebabnya ada banyak seperti ingin mendapatkan penghasilan yang lebih, tidak ingin terikat waktu kerja yang monoton setiap harinya, hingga bisa berkreasi sesuai dengan keinginan.

Tips dan Trik Supaya Bisnis Anak Muda Tidak Cepat Bangkrut

Bisnis Online (www2.bac-assets.com)

Tapi untuk menjalankan bisnis anak muda tidaklah mudah karena saat berbisnis ada banyak sekali halang rintangan yang harus kamu hadapi, mulai dari kekurangan modal, penjualan yang tidak mencapai target, kekurangan SDM (Sumber Daya Manusia), dan lain sebagainya. Lantas supaya bisnis anak muda yang dijalani saat ini tidak cepat bangkrut, kamu bisa menjalani beberapa tips dari TimiKimi berikut ini:

Baca juga: 10 Bisnis Anak Muda Yang Sedang Hits, Mau Ikutan Berbisnis Juga?

  • Kelola Keuangan dengan Baik

Tips yang pertama kali harus kamu perhatikan adalah mengelola keuangan dengan baik. Tak jarang ada bisnis anak muda yang bangkrut karena mengalami defisit. Hal ini dikarenakan tidak adanya pengelolaan dana bisnis dengan baik. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengelola keuangan dengan baik, seperti selalu pisahkan rekening pribadi dengan rekening bisnis hingga meakukan pengecekan keuangan rutin setiap minggu. Dengan begitu, keuangan yang dimiliki bisnismu bisa menjadi lebih sehat.

  • Jalankan Manajemen Bisnis dengan Tepat

Bisnis Modal Kecil (www.verticalresponse.com)

Tips kedua adalah menjalankan manajemen bisnis dengan tepat dan sesuai. Tak pengelolaan manajemen bisnis kreatif anak muda tidak dijalankan dengan tepat, maka bisnismu tidak akan berjalan lancar. Manajemen bisnis ini bisa berupa pengelolaan produksi, pengelolaan karyawan, sistem gaji, dan lain sebagainya. Jika kamu masih belum paham mengenai manajemen bisnis, maka kamu bisa mulai belajar dari sekarang. Bisa dengan cara mencaritahu melalui internet atau mengikuti pelatihan manajemen bisnis.

  • Selalu Melakukan Inovasi

Tips selanjutnya adalah melakukan inovasi. Inovasi ini bisa dilakukan pada produk yang kamu jual. Salah satu alasan bisnis anak muda bangkrut adalah karena tidak adanya inovasi yang dilakukan sehingga produk yang dijual itu-itu saja sehingga pelanggan menjadi bosan dan tidak lagi ingin membeli produkmu lagi. Lakukan inovasi produk baru setidaknya satu bulan sekali supaya pelanggan menanti-nantikan produk baru darimu.

  • Melakukan Evaluasi Bisnis

Menentukan Skala Usaha (homesales.com.au)

Jika tidak ingin bisnis anak muda bangkrut, kamu wajib melakukan evaluasi bisnis pemula untuk anak muda secara rutin, baik itu sebulan sekali hingga seminggu sekali. Hal ini dilakukan dengan tujuan supaya kamu bisa bisnismu bisa terkontrol dengan baik. Jadi kalau nantinya ada suatu permasalahan dalam bisnismu, maka kamu bisa langsung bisa menyelesaikannya segera. Misalkan saja ada keluhan dari pelanggan mengenai pengiriman barang yang akan lamban atau terjadi cacat pada produk yang kamu produksi.

Baca juga: 10 Cara Mudah Mendapatkan Uang Tambahan Bagi Mahasiswa

Pilihan Pinjaman untuk Bisnis Anak Muda

Modal menjadi salah satu hal yang bisa mempengaruhi bisnis anak muda karena jika kurang modal, maka bisnis tidak bisa berjalan dengan baik dan lambat laun bisa mempengaruhi jalannya proses produksi serta pemasaran yang ada. Mengambil pinjaman modal bisnis anak muda adalah salah satu jalan yang bisa kamu tempuh. Tapi di mana saja kamu bisa mendapatkannya? Mari kita lihat bersama!

  • Pegadaian

Pegadaian (garuda.industry.co.id)

Pilihan pinjaman yang pertama ada Pegadaian yang menjadi salah satu jasa peminjaman uang untuk kamu pilih. Cara pengajuannya, kamu harus menggadaikan aset milikmu, baik itu berupa emas, sertifikat rumah atau tanah, BPKB, dan lain sebagainya. Untuk nominal pinjaman yang bisa diberikan tergantung dari nilai aset yang kamu miliki. Tapi biasanya nominal yang bisa dipinjamkan berkisar antara 70-80% dari nilai jual aset. Berbeda dengan produk kredit multiguna yang dimiliki oleh bank, pinjaman mudah dari Pegadaian ini prosesnya terbilang cukup cepat. Kamu bisa mendapatkan dana pinjaman dalam jangka waktu 1-3 hari kerja saja.

  • Koperasi

Jasa peminjaman uang koperasi seringkali menjadi tujuan masyarakat jika tidak bisa mendapatkan dana pinjaman dari bank dan Pegadaian. Jika kamu mengajukan pinjaman koperasi, tidak ada agunan yang perlu kamu berikan, tapi syarat utamanya adalah kamu harus terdaftar dulu menjadi anggota koperasi karena hanya anggota sajalah yang bisa mengajukan pinjaman di koperasi. Bunga yang diberikan pinjaman koperasi tergolong lebih rendah dibanding jenis pinjaman lainnya. Hanya saja, dana pinjaman yang bisa didapat tidak sebanyak jenis pinjaman lainnya karena sumber dana koperasi hanya berasal dari iuran anggotanya saja. Syarat lainnya untuk mengajukan pinjaman koperasi adalah KTP, NPWP, slip gaji atau surat keterangan penghasilan, kartu keluarga, dan rekening listrik atau PDAM sebagai tanda bukti tempat tinggal.

  • TunaiKita

TunaiKita (Sumber: www.tunaikita.com)

Jasa peminjaman uang yang terakhir adalah pinjaman online dari TunaiKita. TunaiKita merupakan aplikasi pinjaman online yang aman dan terpercaya karena sudah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Untuk dana yang bisa didapat dari pinjaman TunaiKita bisa mencapai angka maksimun Rp20 juta. Sedangkan untuk jangka waktu cicilan yang bisa dipilih hingga mencapai 180 hari (6 bulan). Syarat pengajuan dari pinjaman online TunaiKita sangatlah simpel. Kamu hanya memerlukan tiga syarat utama saja, yakni KTP (Kartu Tanda Pengenal), NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak), dan nomor rekening bank lokal seperti BCA, BNI, BRI, Bank Mandiri, Bank Permata, Bank Danamon, dan Bank Mega. Setelah ketiga syarat pengajuan di atas sudah dipersiapkan, kamu bisa mengikuti langkah-langkah mudah yang ada di bawah ini:

Baca juga: 5 Pinjaman Mudah Yang Bisa Diandalkan Untuk Buka Bisnis Ramadhan

  • Download aplikasi TunaiKita di PlayStore atau AppStore
  • Lakukan registrasi dengan mengisi data diri berupa nama lengkap, alamat email, dan nomor telepon
  • Lakukan login ke dalam aplikasiIsi persyaratan dokumen yang diminta
  • Tentukan nominal pinjaman yang diinginkan dan masa tenor pinjaman yang kamu sanggupi
  • Klik ajukan dan tunggu pihak TunaiKita memproses pengajuan pinjaman online 24 jam

Mengajukan pinjaman modal sebenarnya sah-sah saja, tapi kamu tetap harus melakukan perhitungan dengan matang. Jangan sampai karena memiliki pinjaman, keuangan bisnismu jadi mengalami defisit karena harus membayar membayar hutang. Jadi pastikan dulu, berapa dana yang bisa disisihkan per bulannya dari untung bisnis anak muda yang kamu dapatkan. Jika keuntungan yang bisa disisihkan hanya Rp1 juta, maka ambil cicilan per bulan hanya satu juta, jangan lebih dari itu. Dengan begitu, bisnis anak muda masih bisa berjalan lancar dan cicilan bisa dibayarkan tepat waktu hingga lunas.

Semoga bisnis yang kamu jalankan bisa berjalan dengan sukses ya Sobat!