Tips dan Trik Memilih Pinjaman Online Terbaik yang Aman

Pinjaman online saat ini sudah menjadi favorit masyarakat Indonesia. Hal ini bisa dibuktikan dengan menjamurnya penyedia pinjaman online. Meski ada banyak, tapi hanya ada beberapa pinjaman online terbaik. Bagaimana cara mengetahuinya? Cek tips dan triknya di bawah ini dulu!

Seiring dengan semakin majunya teknologi dan lancarnya jaringan internet di Indonesia, pinjaman online menjadi salah satu jenis pinjaman yang menjadi favorit banyak kalangan. Coba saja kamu perhatikan dalam jangka waktu beberapa tahun belakangan, kita bisa menemukan puluhan perusahaan fintech yang menyediakan pinjaman online.

Sebenarnya hal ini juga bisa menjadi pertanda kalau kebutuhan ekonomi masyarakat masih belum sebanding dengan pendapatan yang didapat sehingga kita mau tak mau terpaksa berhutang saat sedang butuh dana terdesak maupun karena ada kebutuhan penting yang sifatnya tidak bisa ditunda-tunda lagi.

Baca juga: 5 Jenis Pinjaman Dana Tunai Di Indonesia Yang Perlu Kamu Ketahui

Keuntungan dari Pinjaman Online

Aplikasi Pinjaman Online (www.chinability.com)

Jika dipertanyakan kenapa sih pinjaman online sangat terkenal saat ini dan membuat masyarakat kian beralih dari jenis pinjaman konvensional bank ke pinjaman online. Tapi jika kamu perhatikan, pinjaman online terbaik ternyata memberikan banyak keuntungan bagi para peminjamnya seperti:

  • Proses pengajuan sangat mudah

Pinjaman online terbaik memiliki proses pengajuan yang sangat mudah karena bisa diajukan secara online. Dengan begitu, kamu tidak perlu repot-repot datang ke tempat penyedia pinjaman seperti bank atau lembaga peminjaman dan mengantri. Cukup dengan menggunakan ponsel dan jaringan internet, kamu sudah bisa mengajukan pinjaman online langsung cair.

  • Pencairan dana bisa dalam satu hari

Pilih Waktu Peminjaman (Sumber: outwardfromnothingness.com)

Berhubung diajukan secara online, maka pencairan dana bisa cair dengan cepat. Rata-rata pinjaman online terbaik bisa cari hanya dalam waktu hitungan hari. Beberapa justru ada yang cair hanya dalam satu hari. Kenapa pinjaman bulanan online bisa langsung cair? Ini dikarenakan data dan dokumen persyaratan yang diberikan dalam bentuk digital sehingga bisa langsung diproses oleh pihak penyedia pinjaman pada hari itu juga. Perlu kamu ketahui kalau semua data dan dokumen yang diberikan dalam bentuk fisik, pasti harus dimasukkan ke dalam bentuk digital sehingga penyedia pinjaman akan kerja dua kali.

  • Bisa dipergunakan untuk apa saja

Menyewa Gedung Pernikahan (Sumber: www.thelakecomoweddingplanner.com)

Tidak seperti jenis pinjaman lainnya yang hanya diperuntukkan untuk keperluan tertentu saja, pinjaman online terbaik bisa dipergunakan untuk keperluan apa saja. Kamu bisa menggunakan dana pinjaman ini sebagai modal membuka usaha, merenovasi rumah, dana pendidikan, modal pernikahan, pengobatan rumah sakit, biaya liburan, hingga memperbaiki kendaraan yang rusak akibat kecelakaan.

  • Syarat sangat mudah dipenuhi

Pinjaman online terbaik memiliki persyaratan yang sangat mudah untuk dipenuhi. Meski masing-masing penyedia menetapkan persyaratan yang tidak sama, tapi rata-rata mensyaratkan KTP (Kartu Tanda Penduduk), NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak), slip gaji, dan rekening koran saja. Dengan syarat yang sedikit ini, maka masyarakat jadi lebih mudah memenuhinya. Siapkan syarat dokumen dalam bentuk digital, jadi pastikan terlebih dahulu untuk menscan semuanya.

Dengan banyaknya keuntungan di atas, siapa yang tidak mudah tergoda?

Baca juga: Cara Ajukan Pinjaman Pribadi Tanpa Syarat Yang Ribet Dan Pilihan Penyedianya

Tips dan Trik Memilih Pinjaman Online yang Aman dan Terpercaya

Pinjaman Online (www.stuartvicksmith.com)

Tapi perlu kamu ketahui kalau ternyata tidak semua pinjaman online yang ada di Indonesia ini aman dan terpercaya karena tak jarang terjadi kasus penipuan yang bisa merugikan dirimu. Oleh karena itu, untuk memilih penyedia pinjaman online terbaik, coba lihat dulu tips dan trik yang ada di bawah ini!

  • Sudah Terdaftar di OJK

Pertama, selalu pilih aplikasi pinjaman online terbaik yang sudah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan) karena aplikasi pinjaman online yang sudah terdaftar di OJK, itu tandanya sudah mendapat pengawasan sehingga mereka tidak bisa bertindak curang atau merugikan peminjam. Jika ingin mengetahui updatean terbaru mengenai daftar aplikasi pinjaman online yang terdaftar di OJK, kamu bisa langsung mengunjungi situs resminya di alamat url www.ojk.go.id.

  • Memiliki Kantor Resmi

Cek Keberadaan Kantor Aplikasi Pinjaman Online (Sumber: www.xda-developers.com)

Selain melihat apakah aplikasi pinjaman online terbaik sudah terdaftar di OJK, trik lainnya adalah dengan melihat apakah aplikasi pinjaman online tersebut memiliki kantor resmi yang kerberadannya bisa kamu lacak melalui Google Maps. Keberadaan kantor resmi dari aplikasi pinjaman online terbaik ini sangat penting supaya jika terjadi resiko yang tidak diinginkan, kamu bisa klaim dengan mendatangi kantor resminya. Dengan begitu, kamu bisa percaya kalau aplikasi pinjaman online yang kamu pilih bukan pinjaman tipu-tipu alias pinjaman bodong.

  • Tidak Ada Syarat Uang Muka

Sebenarnya ada trik mudah yang bisa membuktikan kalau aplikasi pinjaman online terbaik yang kamu pilih itu aman dan terprecaya, yakni dengan melihat apakah mereka meminta syarat uang muka atau tidak. Jika pihak aplikasi pinjaman online terbaik meminta sejumlah dana untuk memuluskan pencairan dana pinjaman, maka sudah pasti mereka berniat untuk menipumu karena bagaimanapun juga tidak ada aplikasi pinjaman online yang mensyaratkan uang muka.

  • Tidak Meminta Data Perbankan

Syarat Pinjaman Online (entrepreneur.com)

Selain tidak meminta uang muka sebagai syarat utama pencairan dana pinjaman, aplikasi pinjaman online yang aman dan terpercaya tidak pernah meminta data perbankan milikmu. Ingat, mereka biasanya hanya meminta nomor rekening saja! Bukan data-data perbankan lainnya seperti nama ibu kandung, nomor kartu kredit, dan lain sebagainya. Jadi selalu waspada jika ada aplikasi pinjaman online yang meminta data perbankan milikmu.

Baca juga: Syarat Dan Ketentuan Pinjaman Uang Yang Bisa Dicicil, Simak Baik-Baik Ya!

TunaiKita Jadi Pinjaman Online Terbaik yang Aman dan Terpercaya

TunaiKita (Sumber: www.tunaikita.com)

Sebenarnya dirimu tidak perlu repot mencari-cari penyedia pinjaman online terbaik yang ada di Indonesia karena ada TunaiKita. TunaiKita merupakan aplikasi pinjaman online terbaik yang sudah terdaftar di OJK sejak tahun 2017. Ada dua jenis pinjaman online yang diberikan oleh TunaiKita, yakni Pinjaman Jangka Pendek dan Pinjaman Cicilan.Untuk pinjaman jangka pendek terbagi lagi menjadi dua yakni Pinjaman Sakti dan Pinjaman Fast yang menyediakan pinjaman dana mulai dari Rp500 ribu hingga Rp5 juta dengan jangka waktu cicilan 10-30 hari. Sedangkan untuk Pinjaman Cicilan juga terbagi menjadi dua yakni Pinjaman Sakti+ dan Pinjaman Premier+ yang memberikan dana pinjaman mulai dari Rp4 juta hingga Rp20 juta dengan jangka waktu cicilan mulai dari 3-6 bulan lamanya.

Kartu Tanda Penduduk (Sumber: detik.net.id)

Syarat mengajukannya cukup siapkan KTP, NPWP, dan rekening bank lokal milik pribadi seperti rekening bank BCA, BNI, BRI, Bank Mandiri, Bank Mega, Bank Permata, dan Bank Danamon. Untuk mengajukan pinjaman online di TunaiKita juga sangat mudah. Pertama-tama, kamu harus mendownload aplikasi TunaiKita. Kemudian lakukan registrasi terlebih dahulu agar bisa login. Setelah berhasil login, kamu harus mengisi data diri secara lengkap dan mengupload dokumen yang disyaratkan. Kalau sudah, kamu tinggal memilih nominal pinjaman yang diinginkan dan beserta jangka waktu peminjamannya. Kalau sudah, lalu klik mulai pengajuan. Tunggu pengajuan diproses dalam jangka waktu 1-3 hari kerja. Jika pengajuan disetujui, maka dana akan langsung cair melalui rekening tabungan yang sudah kamu berikan sebelumnya.

Dengan mengajukan pinjaman online terbaik di TunaiKita, kamu tidak perlu khawatir tentang resiko penipuan yang marak terjadi ya! Tapi jangan lupa untuk selalu membayar cicilan secara tepat waktu hingga lunas Sobat!