Siapa yang tidak ingin menjadi orang kaya raya di dunia ini? Mungkin sebagian besar manusia di dunia ini ingin menjadi kaya agar memperoleh hidup sejahtera untuk memenuhi kebutuhan hidup. Menjadi kaya memang keinginan terbesar semua orang, maka dari itu banyak yang mencari tahu dan menciptakan banyak cara untuk menjadi kaya.

 

Masih ingat dengan pepatah “Banyak Jalan Menuju Roma”? nah, menjadi kaya juga sama seperti jalan menuju Roma, ada banyak jalan dan cara. Bagaimana jika kamu belajar dari Warren Buffet? Sobat TunaiKita tahu tidak siapa Warren Buffet? Buat yang belum mengetahui siapa beliau, TimiKimi akan berikan ulasannya.

 

Warren Buffet adalah seorang ahli dalam bidang keuangan yang terkenal di dunia. Banyak yang ingin mengetahu bagaimana cara dirinya menjadi sukses seperti sekarang ini. Menurut Forbes, Buffet adalah orang terkaya di dunia setelah Bill Gates dengan jumlah kekayaan mencapai US$78,7 miliar atau sekitar Rp100 triliun. Wow! Uang yang banyak bukan? Kira-kira apa ya rahasia sukses dari Warren Buffet?

 

Arti Sukses

Warren Buffet mengaku jika ia mengukur sukses kehidupan dari banyaknya orang yang ingin dan benar-benar mencintainya. Warren tidak suka menyimpan banyak uang dan hal inilah yang membuat ia menyumbangkan separuh kekayaannya untuk orang-orang yang membutuhkan.

 

Risiko

Warren Buffet merupakan orang yang mampu menilai risiko dan segala kemungkinan yang bisa terjadi sebelum dirinya mengambil keputusan. Ia sering bertanaya kepada diri sendiri “aka nada apa setelah ini?”. Sobat TunaiKita perlu belajar hal penting yang satu ini dari Warren Buffte sebelum mengambil sebuah keputusan. Segala sesuatunya harus dipikirkan sebelum mengambil keputusan agar mampu menilai kemungkinan risiko yang bisa terjadi.

 

Hutang dan Pinjaman

Warren Buffet selalu berpesan “hidup dalam hutang kartu kredit tidak akan membantumu menjadi kaya”. Apa yang diungkapkan Buffet memang benar adanya. Sekali berhutang, kamu akan selalu memikirkan bagaimana caranya melunasi hutangmu. Jika gaji bulanan tidak cukup untuk melunasi hutang, kamu akan terpaksa meminjam dan besar kemungkinan kamu akan gali lubang tutup lubang dalam finansialmu.

 

Pengeluaran Kecil

Warren Buffet adalah manajer yang selalu terobsesi dengan angka-angka mendetail untuk menjalankan bisnisnya. Ia seringkali berinvestasi ke sebuah perusahaan karena perusahaan tersebut memiliki perhitungan yang mendetail mengenai keuangan dalam perusahaan yang ia dirikan. Tidak herana jika kedetailan dan ketelitian yang Buffet miliki membuat dirinya sangat memperhatikan semua pengeluaran, bahkan yang sangat kecil sekalipun.

 

Tidak Neko-Neko

Apa yang tidak bisa dilakukan seoarang Warren Buffet dalam memenuhi kebutuhan hidupnya? Semua bisa ia miliki hanya dengan menunjuk dengan jari telunjuk. Namun kekayaan yang dimiliki tidak membuat ia boros. Buffet hanya tinggal di sebuah rumah sederhana. Bahkan Warren tidak memiliki mobil-mobil mahal seperti Lamborghini, Aston Martin, atau mobil mahal lainnya. Kamu perlu ikuti kehidupan sederhana dan tidak neko-neko dari CEO terkaya kedua di dunia ini agar bisa menabung untuk masa depan.

 

Motivasi

Motivasi dari orang terdekat maupun orang lain menjadi factor penting untuk kamu yang ingin menjadi kaya. Lihat bagaimana persahabatan Warren Buffet dan Bill Gates? Mereka saling memotivasi satu sama lainnya sehingga bisa menjadi sukses seperti sekarang.

 

Membicarakan soal cara seseorang menjadi kaya atau sukses, tentu masihi ada beberapa cara milyarder lainnya. Jika cara Warren Buffet tidak berhasil, coba lagi cara lainnya.jangan pernah berhenti dan menyerah untuk kehidupanmu Sobat TunaiKita.

 

Penulis: Melati Maha

 

Picture Source: Google