Tips Liburan Hemat di Jakarta untuk Kamu yang Lagi Bokek

Jakarta sebagai ibu kota negara Indonesia memang memiliki daya tarik tersendiri. Tidak heran banyak orang yang ingin berkunjung dan mengadu nasib di Jakarta. Meski merupakan kota metropolitan, ternyata kamu bisa lho menikmati liburan hemat di Jakarta. Mau tahu bagaimana caranya? Ikuti tips TimiKimi berikut ini ya!

Traveling tidak melulu membutuhkan biaya yang besar. Dengan dana seadanya, kamu masih bisa tetap menikmati liburan yang menyenangkan. Seperti Jakarta, meskipun identik dengan gaya hidup metropolitan, dengan aktivitas warganya yang cukup tinggi. Kamu masih bisa menikmati liburan hemat di Jakarta, lho!

Jakarta tidak hanya diisi dengan mal dan gedung-gedung tinggi nan megah saja. Ternyata ada banyak museum dan beberapa tempat wisata seru yang tidak banyak orang tahu. Pasti Sobat bertanya-tanya, tempat-tempat wisata di kota besar seperti Jakarta pasti memerlukan biaya yang tidak sedikit, bukan? Tenang, kamu masih tetap bisa menikmati liburan seru dan mengeksplor banyak hal tanpa harus mengeluarkan dana yang bikin kantong kering, lho! Simak tips liburan hemat di Jakarta ala TimiKimi berikut ini yuk!

Liburan Hemat di Jakarta, Emang Bisa? Ini Tipsnya!

Untuk kamu yang ingin menikmati libur akhir pekan di Jakarta tanpa harus keluar biaya banyak, berikut tips yang bisa kamu ikuti di antaranya:

1. Susun Itinerary dengan Baik

6 Tips Backpacker-an Nyaman bagi Pemula (blog.traveloka.com)

Tips pertama liburan hemat di Jakarta yang bisa kamu ikuti yaitu susunlah itinerary dengan baik dan jelas. Menyusun itinerary dengan jelas wajib hukumnya sebelum kamu memulai liburanmu. Mengingat Jakarta merupakan kota besar dengan wilayah yang cukup luas. Akan sulit untuk kamu mengeksplor wilayah Jakarta dalam satu waktu saja, tanpa tujuan yang jelas. Menyusun itinerary juga berlaku untuk setiap kali kamu ingin berlibur dimana pun.

Sebaiknya jangan terlalu memaksakan untuk mengeksplor seluruh wilayah Jakarta, mengingat kota Jakarta sangat luas. Kamu cukup menentukan satu wilayah yang akan menjadi destinasi liburanmu. Misalnya kamu bisa pilih wilayah Jakarta Selatan untuk di kunjungi. Kamu bisa cari objek wisata atau taman serta museum yang bisa kamu kunjungi tanpa harus mengeluarkan biaya yang banyak.

Baca juga: Waktu Yang Tepat Beli Tiket Pesawat Untuk Liburan Akhir Tahun

2. Gunakan Transportasi Umum

Belum Juga Nyoba MRT Jakarta? Cek Dulu 5 Fakta Berikut! (netz.id)

Siapa bilang naik transportasi umum tidak menyenangkan? Jangan salah, di Jakarta kini sudah banyak pilihan transportasi umum yang bisa kamu gunakan dan membuat liburanmu jadi lebih seru, lho!

Ada berbagai macam transportasi di Jakarta yang bisa kamu gunakan mulai dari TransJakarta hingga MRT. Selain tarifnya yang murah, menggunakan transportasi umum dapat diandalkan untuk menjangkau banyak area di dalam kota.

Seperti transportasi umum yang terbilang masih baru di Jakarta, MRT atau Moda Raya Terpadu. Kamu bisa mencba MRT dari Stasiun Lebak Bulus hingga Stasiun Bundaran HI. Dari sana, kamu bisa mengunjungi beberapa taman di sekitarnya seperti Taman Menteng atau Taman Suropati. Atau kamu bisa menggunakan Bus Pariwisata Jakarta yang bisa mengantarmu ke berbagai tempat wisata bersejarah. Selain aman dan nyaman, kamu juga bisa berlibur sambil belajar tentang sejarah kota Jakarta. Menyenangkan, bukan?

3. Pilih Objek Wisata Murah

Meskipun dikenal sebagai ‘kota seribu mal’ dengan gaya hidup kaum jetset-nya, ternyata Jakarta juga punya tempat-tempat wisata menarik yang murah, lho! Selain mal, Jakarta punya beberapa tempat wisata patut kamu kunjungi berikut ini:

  • Monumen Nasional

Ada Monas Week, Pengunjung Tugu Monas Meningkat (mediaindonesia.com)

Siapa yang tidak kenal dengan bangunan bersejarah yang satu ini? Monumen Nasional atau yang biasa disebut dengan Monas merupakan salah satu monumen simbolis yang paling dikenal di Indonesia. Monas dibangun dengan tinggi 132 meter dan didirikan untuk mengenang perlawanan rakyat Indonesia dalam merebut kemerdekaan dari kolonial Belanda. Itulah mengapa banyak orang yang memanfaatkan Monas sebagai wisata sejarah dan edukasi.

Terdapat beberapa sudut menarik yang bisa kamu kunjungi selama berada di Monas. Dibagian dasar Monas misalnya, kamu bisa melihat 51 diorama sejarah Indonesia dari mulai zaman pra-sejarah kerajaan Sriwijaya hingga Indonesia merdeka di Museum Sejarah Nasional Indonesia. Sudut lain yang bisa kamu datangi adalah Ruang Kemerdekaan yang berada di bagian dalam cawan monumen. Semua simbol kenegaraan bisa dengan mudah kamu temui di ruangan ini, mulai dari naskah proklamasi, bendera merah putih dan lain sebagainya. Sedangkan, bagian puncak pelataran Monas selalu memiliki antrian yang cukup panjang diantara tempat lainnya, sebab di puncak ini, kamu bisa melihat panorama kota Jakarta dari ketinggian dengan menggunakan teropong yang telah disediakan.

Baca juga: Wajib Nonton! 5 Film Seru Yang Tayang Di Bulan Desember

  • Museum Fatahillah

Museum Fatahillah atau Museum Sejarah Jakarta? (kumparan.com)

Museum Fatahillah yang berada di kawasan Kota Tua merupakan salah satu destinasi yang wajib dikunjungi saat datang ke Jakarta. Dulunya, Museum Fatahillah adalah Balai Kota Batavia. Kawasan Kota Tua atau yang dikenal dengan sebutan “Old Batavia” merupakan kawasan bangunan peninggalan kolonial Belanda yang masih kokoh berdiri dengan suasana khas Jakarta tempo dulu sebelum kota ini berubah menjadi metropolitan yang dihiasi gedung-gedung modern pencakar langit.

Saat berada di kawasan ini, kamu bisa melihat beberapa tempat yang menjadi saksi sejarah dan peradaban kota Jakarta. Selain Museum Fatahillah, ada juga Museum Bank Indonesia yang pada awalnya bernama De Javasche Bank, hingga Pelabuhan Sunda Kelapa yang dulu merupakan pusat perdagangan Batavia. Agar suasana vintage-nya semakin terasa, kamu bisa menggunakan sepeda onthel saat berkeliling yang disewakan di sekitar kawasan.

  • Taman Mini Indonesia Indah

Harg Tiket Mask Taman Mini Indonesia Indah (cektiket.id)

Taman Mini Indonesia Indah masih menjadi destinasi wisata favorit di Jakarta. Tidak hanya sekadar untuk rekreasi, pengunjung juga bisa menambah wawasan nusantara mulai dari adat istiadat, budaya, flora dan fauna, dan masih banyak lagi.

Di Taman Mini Indonesia Indah, kamu bisa melihat miniatur gugusan pulau-pulau di Indonesia. Tempat ini juga punya 36 anjungan rumah adat dari seluruh wilayah Indonesia, bangunan-bangunan keagamaan, 10 taman yang berisi flora dan fauna khas Indonesia, dan 16 museum yang bisa dijadikan sebagai tempat untuk menambah wawasan nusantaramu. Selain itu, jangan lupa untuk menikmati film edukasi 4D di Teater IMAX Keong Mas-nya yang terkenal ya, Sobat!

4. Coba Makanan Kaki Lima

Indonesian Street Food: 5 Places to Eat in Jakarta (www.agoda.com)

Tak perlu gengsi untuk mencoba makanan kaki lima. Selain terjangkau, menu yang disajikan juga cukup enak. Di antaranya adalah warung-warung tenda yang terletak di beberapa daerah seperti Pecenongan, Kebayoran Baru, atau Bendungan Hilir (Benhil).

Selain memilih tempat makan dengan bijak, bawa pula makanan ringan dan minum untuk mengatasi haus dan lapar selama perjalanan satu hari keliling Jakarta. Dijamin, kamu pasti akan lebih hemat saat bepergian.

Baca juga: Serial Netflix Yang Bisa Jadi Sumber Inspirasi Para Pengusaha

Liburan Gak Harus Mahal

Dengan berbekal tips di atas semoga kamu bisa menikmati pesona ibu kota tanpa harus mengeluarkan terlalu banyak biaya. Tidak harus mengunjungi tempat-tempat yang mahal untuk menikmati liburanmu. Dengan mengeksplor tempat-tempat di atas liburanmu pun akan sangat menyenangkan. Untuk Sobat yang belum punya rencana di akhir pekan ini, jangan lupa mencoba tips dari TimiKimi di atas ya. Selamat berakhir pekan!