Tips Memilih Asuransi Kesehatan Keluarga Terbaik untuk Kamu

asuransi kesehatan keluarga

Kesehatan menjadi hal yang sangat penting untuk selalu diperhatikan, terutama dalam keluarga. Ketika ada salah satu anggota keluarga yang sakit sehingg harus dirawat inap, maka sudah pasti kamu harus mengeluarkan biaya yang ekstra. Inilah yang menjadi penyebab utama kenapa keberadaan asuransi kesehatan itu sangat penting dimiliki.  Ada banyak perusahaan asuransi kesehatan di indonesia, tapi manakah yang terbaik? Jika bicara soal asuransi, asuransi kesehatan masih menjadi salah satu asuransi yang paling sering menjadi pilihan masyarakat. Tetapi asuransi yang ada biasanya memiliki harga premi yang relatif lebih mahal dibandingkan asuransi lainnya. Jadi bagaimana cranya kamu memilih asuransi kesehatan agar anggaran yang kamu  keluarkan efisien dan mendapatkan perlindungan yang optimal?

Nah Sobat, sebelum kamu memilih asuransi terbaik. Sudah kah kamu mengenal apa itu asuransi kesehatan?

Kriteria Asuransi Kesehatan Keluarga Terbaik

Source: Google

Asuransi kesehatan adalah asuransi yang memberikan penggantian biaya kesehatan jika pemegang polis dirawat di rumah sakit karena terkena penyakit atau mengalami kecelakaan. Besarnya penggantian sesuai dengan jumlah tagihan dari rumah sakit denga batas limit tertentu berdasarkan rencana asuransi yang diambil. Limit ini ditentukan berdasarkan rencana asuransi yang diambil oleh pemegang polis sesuai dengan polis asuransi.

Berdasarkan literatur dan referensi perencana keuangan, kriteria-kriteria yang patut kamu pertimbangkan adalah:

1. Perusahaan Asuransi yang Dapat Dipercaya

Hal yang pertama harus kamu lakukan dalam memilih asuransi kesehatan keluarga terbaik adalah memilih perusahaan asuransi yang memiiki kredibilitas yang tinggi. Perusahaan asuransi kesehatan yang baik tentunya memberikan pelayanan kualitas produk asuransi yang baik pula.

Baca Juga : Jangan Disepelekan, Ini Pentingnya Miliki Asuransi Aset Sebagai Proteksi Dini

Kamu harus cerdas dan bijak dalam memilih perusahaan asuransi kesehatan murah untuk keluarga mana yang cocok untuk menjamin kesehatan kamu dan keluarga.

Berikut cara memilih perusahaan asuransi yang dapat dipercaya, diantaranya:

  • Perusahaan asuransi terdaftaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan)
  • Pelayanan klaim asuransi yang baik
  • Agensi asuransi yang profesional
  • Memberikan perjanjian secara tertulis
  • Perusahaan asuransi memiliki kelayakan finansial.

2. Asuransi dengan Pembayaran Non Tunai (Cashless)

Dengan pembayaran non tunai (cashless) penggantian klaim menjai lebih mudah. Kamu tidak perlu membayar seluruh kesehatan terlebih dahulu. Cukup dengan menggesek kartu asuransi, pihak asuransi akan membayar biaya kesehatan kamu dan keluarga di rumah sakit.

Tetapi kamu harus pastikan rumah sakit tempatmu dirawat sudah bekerjasama dengan pihak asuransi karena itu menjadi salah satu syarat jika kamu ingin menggesek kartu asuransimu. Sebab rumah sakit harus memasang mesin untuk menggesek mesin untuk menggesek kartu asuransi. Kalau tidak ada kerjasama mau tidak mau kamu harus membayar tunai, kemudian kamu bisa menyelesaikannya dengan sistemn reimbursement ke pihak perusahaan asuransi.

Beberapa manfaat yang bisa kamu dapat dari pihak asuransi jika kamu menggunakan asuransi cashless, yaitu:

  • Mmeberikan kemudahan dan kenyamanan saat berobat ke rumah sakit
  • Memberikan manfaat perlindungan (biaya kamar, biaya obat-obatan, biaya dokter, biaya operasi, biaya kemoterapi, biaya rawat jalan kecelakaan, dan biaya lainnya) yang lengkap
  • Memberikan manfaat penggantian yang lebih besar.

3. Plafon dan Premi yang Sesuai

Idealnya plafon asuransi kesehatan yang kamu pilih harus sesuai dengan kebutuhan dan kemampuanmu. Jika strategi yang diambi lebih rendah, makan kamu harus mengeuarkan dana tambahan untuk menutupi biaya kekurangan biaya yang tidak ditanggung asuransi. Semakin mahal harga kamar rumah sakit yang kamu pilih, semakin mahal harga premi yang harus kamu bayar.

Apa yang harusnya dilakukan? Pilihlah premi sesuai dengan kemampuanmu. Jangan sampai kamu salah pilih dan malah menjadi beban.

4. Asuransi Tanpa Limit Perawatan

Source: Google

Berikutnya adalah asuransi tanpa limit perawatan. Terdapat limit atau batasan untuk membatasi jumlah maksimum klaim biaya kesehatan. Terdapat dua jenis limit yaitu limit gabungan semua perawatan dan limit per perawatan.

Baca Juga : Ketahui Cara Memilih Asuransi Mobil Terbaik Untuk Melindungi Kendaraanmu

Limit pertama, limit asuransi gabungan ini semua biaya perawatan Rp100 juta dalam satu tahun. Sedangkan limit kedua yakni limit asuransi dibatasi biaya konsultasi Rp20 juta dalam satu tahun, biaya perawatan bedah Rp50 juta dalam satu tahun, biaya rawat jalan Rp5 juta dalam satu tahun dan seterusnya.

Kamu tinggal sesuaikan kira-kira limit mana yang sesuai dengan kebutuhanmu.

5. Prioritaskan Rawat Inap

Terdapat dua cakupan manfaat pada asuransi kesehatan diantaranya manfaat rawat jalan dan manfaat rawat inap. Sebaiknya kamu memilih untuk prioritaskan manfaat rawat inap. Sebab perawatan rawat inap yang biayanya paling besar. Kamu bisa mengambil tambahan rawat jalan, jika kamu memiliki uang lebih.

6. Masa Tunggu Penyakit

Perusahaan asuransi kesehatan umumnya memiliki sebuah peraturan tentang masa tunggu penyakit. Ini mengakibatkan produk asuransi kesehatan harus mensyaratkan masa tunggu untuk beberapa penyakit.

Tidak semua penyakit dapat diklaim dalam jangka waktu tertentu sejak tanggal masa berlaku asuransi. Karenanya kamu perlu menanyakan pada pihak asuransi mengenai penyakit apa saja yang masuk masa tunggu dan tanyakan juga berapa lama waktu klaim yang ditentukan.

Beberapa perusahaan asuransi yang menetapkan beberapa penyakit yang baru bisa diklaim 12 bulan kemudian setelah tanggal masa berlaku asuransi, diantaranya:

  • Asma
  • TBC (Tuberculosis)
  • Batu ginjal
  • Saluran kemih dan kandung kemih
  • Darah tinggi (hipertensi)
  • Penyakit jantung dan pembuluh darah
  • Kencing manis (diabetes melitus)
  • Vertigo
  • Dan lain-lain.

7. Asuransi Kesehatan Murni

Source: Google

Kamu dapat memilih asuransi kesehatan yang berdiri sendiri. Bila kamu membayar premi pada asuransi ini, maka kamu benar-benar hanya akan membayar asuransi kesehatan saja tanpa perlu membayar yang lainnya. Selain asuransi kesehatan murni, ada juga asuransi unit-link. Pada asuransi ini premi yang kamu bayar akan dibagi untuk asuransi jiwa, investasi dan asuransi kesehatan.

8. Pembayaran Auto Debit Kartu Kredit

Source: Google

Yang menjadi kriteria berikutnya dalam memilih asuransi kesehatan keluarga terbaik adalah hati-hati melakukan pembayaran dengan auto debit kredit. Kalau memang terpaksa menggunakan cara ini karena asuransi tidak menyediakan alternatif pembayaran lain. Dan pastikan kamu tahu kapan pembayaran dimulai dan bagaimana prosesnya jika ingin berhenti. Tagihan asuransi akan muncul beberapa hari kemudian sesuai dengan tanggal cetak kartu kredit.

Baca Juga : Manakah Yang Lebih Baik, BPJS Kesehatan Atau Asuransi Kesehatan?

9. Hindari Mengambil Asuransi Kesehatan Via Telepon

Beberapa dari kamu pasti pernah mendapatkan penawaran asuransi kesehatan via telepon. Banyaknya tawaran asuransi kesehatan lewat telemarketing yang bermunculan yang biasanya bekerjasama dengan penerbit kartu kredit. Sebaiknya kamu pikirkan kembali sebelum mengambi keputusan. Jika perlu kamu lakukan riset sebelumnya.

Mengapa Kriteria Dalam Memilih Asuransi Kesehatan Menjadi Penting?

Pentingnya kesehatan dan mahalnya biaya pengobatan membuat asuransi kesehatan menjadi bagian penting dalam untuk keluarga. Juga dalam memilih produk asuransi kesehatan keluarga yang sesuai kebutuhan kamu dan keluarga.

Jika sudah mengetahui kriteria apa saja yang diperlukan, kamu bisa memilih asuransi mana yang tepat dan sesuai dengan kebutuhanmu. Itu dapat membantu kamu untuk mengantisipasi hal-hal yang akan membebankanmu nantinya.

Setidaknya kriteria di atas dapat kamu gunakan sebagai panduan dalam memilih asuransi kesehatan yang terbaik untuk anda dan keluarga.