Berbisnis saat ini sedang menjadi tren di kalangan anak muda. Supaya bisa bertahan di tengah persaingan yang ketat, kita harus selalu menciptakan ide bisnis kreatif dan unik. Sebagai bahan referensi, kamu bisa melihat beberapa ide bisnis kreatif yang ada di bawah ini beserta tips supaya bisnis kreatifmu semakin maju.

Di era milenial saat ini, coba kamu perhatikan beberapa bisnis yang saat ini sedang berdiri kebanyakan dipegang oleh anak muda, baik itu bisnis kuliner, bisnis pakaian, hingga bisnis e-commerce kenamaan. Hal tersebut menandakan kalau semakin banyak anak muda yang tertarik untuk terjun dibidang bisnis ketimbang menjadi karyawan kantoran biasa. Beberapa bisnis yang banyak dijalankan anak muda adalah bisnis kreatif. Kenapa bisa disebut bisnis kreatif? Karena pada saat pembuatannya dibutuhkan kreativitas yang tinggi sehingga hasilnya memiliki nilai seni tersendiri.

Tips Menemukan Ide Bisnis Kreatif yang Cocok Untukmu

Menemukan Ide Bisnis Kreatif (startupnation.com)

Dalam menentukan ide bisnis yang cocok denganmu pasti tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Agar bisa dengan segera mendapatkan ide bisnis kreatif yang sesuai, ada baiknya kamu membaca dulu beberapa tips yang diberikan TimiKimi ini, yaitu:

  • Lakukan Riset Pasar

Tips yang pertama adalah lakukan riset pasar. Riset ini bisa dilakukan secara offline atau online. Untuk cara offline, kamu bisa berkunjung langsung ke gerai atau toko-toko kekinian yang menawarkan barang-barang unik dan kreatif. Lebih bagus lagi kalau kamu mendatangi pameran industri kreatif supaya bisa mengetahui ide bisnis kreatif apa yang kira-kira cocok denganmu.

Baca juga: Ide Peluang Usaha Makanan Yang Menjanjikan Dan Jadi Tren Di Tahun 2019

  • Cari yang Sesuai dengan Minat

Berhubung untuk menciptakan produk bisnis kreatif ini dibutuhkan kreatifitas yang tinggi, kamu harus mencari yang sesuai dengan minatmu. Jangan sampai hanya karena ide bisnis kreatif yang kamu ambil ini sedang jadi tren sementara kamu sendiri tidak terlalu suka, maka lebih baik untuk mencari ide bisnis kreatif lain yang sesuai minatmu sehingga kamu bisa menjalaninya juga sebagai hobi yang menghasilkan uang.

  • Cobalah Berpikir Out of The Box

Modal Usaha (blog.indeed.ca)

Terlahirnya ide bisnis kreatif yang sudah ada saat ini tak lepas dari orang-orang yang selalu berpikir out of the box. Coba saja kamu lihat bisnis ojek online yang pada awalnya merupakan hal yang mustahil untuk dilakukan, tapi karena sang pemilik berpikir out of the box dan gigih untuk mendirikan usaha ojek online tersebut, maka hingga saat ini bisnisnya justru semakin berkembang pesat di Indonesia.

Jadi kalau ide bisnis kreatifmu dihasilkan dari pemikiran out of the box sehingga terdengar gila dan tidak masuk akal, maka jangan patah semangat karena siapa tahu ide bisnismu tersebut bisa mengantarkan dirimu pada kesuksesan.

  • Menggunakan Kekurangan Pesaing Sebagai Poin Andalan

Jika sulit untuk berpikir out of the box, kamu bisa mengambil ide bisnis kreatif dari bisnis yang sudah ada. Supaya tidak sama, maka gunakanlah kekurangan dari pesaing bisnis kreatifmu itu menjadi poin andalan dalam ide bisnis kreatif yang akan kamu jalankan nanti.

Misalkan saja, kamu tertarik untuk berbisnis es kopi kekinian, supaya tidak sama dengan yang lain, kamu bisa menghadirkan citarasa baru yang unik seperti menambahkan buah-buahan di dalamnya atau kamu bisa juga membuat kemasannya lebih unik sehingga menarik banyak orang.

  • Ikuti Kursus dan Pelatihan untuk Menambah Keterampilan

Pelatihan Workshop Bisnis (amusebouchedotuk.wordpress.com)

Namanya juga orang awam dan baru akan terjun langsung di bidang bisnis kreatif, jadi kemampuan dan keterampilan yang dimiliki sudah pasti pas-pasan, baik itu keterampilan membuat barang kreatif atau kemampuan berbinis kreatif. Oleh karena itu, kamu wajib mengikuti beberapa kursus dan pelatihan supaya keterampilan dan kemampuanmu bisa bertambah.

Baca juga: 10 Ide Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga Yang Mudah Dijalankan

Ide Bisnis Kreatif yang Sedang Tren Saat Ini

Supaya kamu tidak kebingungan dalam menentukan ide bisnis kreatif yang akan dijalankan, TimiKimi punya beberapa rekomendasi ide bisnis kreatif yang sekarang sedang menjadi tren dan banyak diminati, yaitu:

  • Ide Bisnis Kreatif Kerajinan Vintage dan Pop Art

Pajangan Pop Art (vintageindustrialstyle.com)

Ide bisnis kreatif yang pertama adalah kerajinan vintage dan pop art. Tema vintage dan pop art saat ini memang sedang digrandrungi oleh masyarakat karena mereka ingin membuat tampilan isi rumah mereka jadi lebih instagramable seperti yang ada di kafe serta restoran ternama. Kamu bisa membuat kerajinan seperti pajangan hingga dekorasi yang bertema vintage dan pop art. Untuk menarik minat calon pembeli, jadikan pajangan tersebut sebagai dekorasi rumahmu lalu foto dan bagikan di sosial mediamu.

  • Ide Bisnis Kreatif Kerajinan Rotan

Jika kamu mengira bisnis kerajinan rotan sudah ketinggalan jaman, kamu salah sobat. Para pengrajin rotan selalu berinovasi untuk menjadikan hasil karya mereka memiliki nilai seni yang tinggi. Contohnya saja jika beberapa tahun yang lalu kamu hanya bisa menemukan kerajinan rotan yang berbentuk furniture saja dengan warna krem atau cokelat yang membosankan, saat ini kamu bisa menemukan kerajinan rotan dalam bentuj barang-barang fashion seperti tas dan aksesoris dengan berbagai bentuk dan warna yang menarik.

  • Ide Bisnis Kreatif Bantal dan Boneka Karakter

Bantal Karakter (ebayimg.com)

Selanjutnya ada ide bisnis kreatif bantal dan boneka karakter yang juga banyak dilirik. Tapi bukankah sudah banyak yang menjual bantal dan boneka karakter? Seperti yang sudah dijelaskan di atas, meski sama-sama berbisnis bantal dan boneka karakter, tapi kamu bisa membuat milikmu jadi lebih unik.

Misalkan saja bantal dan boneka karakter milikmu hanya memiliki tema makanan dan minuman saja. Meskipun ada yang berwujud tokoh atau katakter, pastinya harus ada kaitannya dengan makanan. Misalkan saja Doraemon yang sedang menyantap dorayaki.

Baca juga: Mengenal Pinjaman Online Cepat P2P Lending Yang Aman Dan Terpercaya, Hati-Hati Penipuan!

  • Ide Bisnis Kreatif Bunga Kertas

Bagi kami yang sering berselancar di instagram pasti sering melihat ada teman atau kenalanmu yang berfoto dengan background bunga-bunga kertas di belakangnya. Saat ini bunga kertas memang sedang banyak diminati karena terlihat cantik saat dipotret. Ditambah lagi bunga kertas awet dan tahan lama serta warna-warnanya bisa disesuaikan dengan permintaan customer.

  • Ide Bisnis Kreatif Kerajinan Lukis

Lukis Tote Bag (alicdn.com)

Terakhir ada ide bisnis kreatif kerajinan lukis yang tampaknya masih saja disukai oleh masyarakat. Tapi kali ini media lukisnya jadi lebih beragam. Beberapa kerajinan lukis yang sedang menjadi tren adalah kerajinan lukis totebag dan juga mahar pernikahan. Supaya tidak sama, kamu bisa membuat media lukis yang berbeda seperti di jam tangan, kacamata, dan lain sebagainya.

Gunakan Ini untuk Modal Tambahan Ide Bisnis Kreatifmu

Ekspansi Usaha (bizplus.az)

Modal menjadi salah satu hal yang wajib terpenuhi saat akan mewujudkan ide bisnis kreatif. Jika tak ada modal atau kekurangan modal, pastinya ide bisnis kreatif tidak akan bisa berjalan sesuai dengan apa yang kamu kehendaki. Hampir sebagian besar pelaku bisnis akan mengajukan pinjaman usaha ke bank melalui KUR (Kredit Usaha Rakyat), tapi tidak semua pengajuan bisa diterima oleh bank. Lalu kalau pengajuan pinjamanmu ditolak, lantas apakah kamu akan mengurungkan niat untuk dapat membuka ide bisnis kreatif? Tentu saja tidak!

Baca juga: Pinjaman Online Langsung Cair, Solusi Tambah Modal Usahamu

Ada banyak solusi untuk hal tersebut. Salah satunya adalah dengan mengajukan pinjaman modal bisnis melalui TunaiKita. TunaiKita merupakan penyedia pinjaman berbasis online yang bisa memberikan dana untuk keperluan apa saja, termasuk untuk modal bisnis kreatif. Untuk nominal dana yang bisa diberikan maksimum adalah Rp20 juta dengan masa tenor pinjaman hingga 180 hari (6 bulan).

Sebelum mengajukan, siapkan dulu syarat yang dibutuhkan, yakni KTP, NPWP, dan nomor rekening bank lokal yakni BCA, BRI, BNI, Bank Mandiri, Bank Mega, Bank Danamon, dan Bank Permata. Jika semua persyaratan sudah dipenuhi, maka kamu tinggal mendownload aplikasi TunaiKita melalui PlayStore atau AppStore dan melakukan registrasi supaya bisa login dan mengajukan pinjaman.

Proses pengajuan tidak berlangsung lama karena hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja. Jika pengajuanmu diterima oleh TunaiKita, maka dana bisa langsung cair melalui rekening tabungan bank lokal yang sudah kamu berikan sebelumnya. Mudah bukan?

Semoga ide bisnis kreatif di atas bisa menjadi inspirasi untukmu. Selamat berbisnis Sobat!