Tips Menghemat Budget Natal dan Tahun Baru Agar Tidak Membengkak

Hari Natal dan Tahun Baru semakin dekat nih Sobat, tentunya ada banyak hal yang harus kamu penuhi untuk menyambut perayaan Natal. Namun, jangan sampai terlarut dengan suasana perayaan yang malah akan membuat pengeluaranmu membengkak. Nah, berikut tips menghemat budget Natal ala TunaiKita yang bisa kamu ikuti. 

Libur Natal dan Tahun Baru sudah tiba. Aneka pernak pernik liburan menghiasi berbagai sudut yang akan mempermanis akhir tahun. Liburan akhir tahun ini merupakan momen yang ditunggu-tunggu karena tidak jarang juga menjadi momen berkumpul bersama keluarga tercinta.

Untuk mempersiapkan segala hal untuk menyambut perayaan Natal dan Tahun Baru, tentunya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Penting untuk kamu merencanakan semuanya dengan sebaik mungkin. Jangan sampai setelah perayaan Natal dan tahun baru selesai, tabunganmu habis tak bersisa. Agar hal itu tidak terjadi, berikut tips menghemat budget Natal dan Tahun Baru supaya pengeluaran tidak membengkak.

Tips Menghemat Budget Natal dan Tahun Baru

1. Buat Anggaran

5 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Agar Bisa Liburan Seru (blog.traveloka.com)

Tips pertama dalam menghemat budget Natal dan Tahun Baru yang bisa kamu ikuti yaitu buat anggaran dan patuhi anggaran yang sudah kamu buat. Kamu bisa coba membuat batasan berapa banyak yang akan kamu belanjakan. Mulailah untuk buat daftar nama-nama keluarga yang akan kamu beri hadiah Natal dan Tahun Baru nanti. Hal ini dilakukan agar kamu tetap fokus dalam memaksimalkan anggaran akhir tahun.

Baca juga: Ingin Uang Tambahan Untuk Akhir Tahun? Ini 6 Usaha Menguntungkan Bulan Desember

2. Jangan Tunda Belanja

Semakin lama kamu menunda berbelanja dan menunggu sampai mendekati hari Natal dan Tahun Baru, maka akan semakin besar peluang harga semakin naik. Permintaan akan semakin tinggi untuk barang-barang tertentu dan harganya tentu saja akan meningkat dari sebelumnya. Jangan menunda belanja barang yang dibutuhkan, jika kamu sudah mendapatkan penawaran yang menarik segera ambil dan bayar belanjaan barang tersebut.

3. Otomatiskan Tabungan

Inilah 5 Tips Hemat Menjelang Lebaran, Jangan Boros & Kelola Keuanganmu! (style.tribunnews.com)

Jika kamu memiliki rekening tabungan yang menawarkan simpanan otomatis, prioritaskan hal ini ya, Sobat! Dengan memiliki tabungan yang secara otomatis menarik uangmu, maka tingkat di mana uang masuk dapat membantu kamu dalam menghemat anggaran liburan tanpa memikirkannya.

Uang tabungan wajib yang akan ditarik secara otomatis tentunya tidak akan mungkin kamu ambil bukan? Dengan hal ini, maka mau tidak mau kamu akan bijak dalam menggunakan anggaran liburan yang ada.

4. Manfaatkan Diskon

Diskon adalah salah satu cara yang dilakukan pemilik toko untuk menarik lebih banyak pelanggan yang datang. Terus berburu diskon di berbagai tempat untuk menemukan berbagai penawaran yang menarik.

Cari tahu sebanyak-banyaknya informasi soal merk atau barang apa saja yang sedang diskon. Bandingkan juga dengan harga normal, seberapa signifikan potongan harganya. Kamu bisa mencari informasi tersebut melalui internet dan media sosial. Apalagi jika promo tersebut ditawarkan toko online, maka kamu bisa window shopping terlebih dahulu sebelum memutuskan akan membelinya atau tidak.

5. Hadiah Tidak Selalu Berupa Barang

7 Cheap & Fun Family Vacation Ideas That Your Kids Will Love (www.moneycrashers.com)

Nah Sobat, momen Natal adalah waktu yang tepat untuk memberikan hadiah untuk orang-orang yang kamu sayangi. Sebagai orang tua, seringkali kamu berusaha untuk menyenangkan anak-anak dengan barang yang harganya sangat mahal. Daripada membelikan mereka barang yang mahal, tidak ada salahnya untuk memberikan hadiah berupa pengalaman yang berharga untuk mereka.

Misalnya saja, kamu bisa ajak mereka pergi ke suatu tempat yang belum pernah mereka kunjungi sebelumnya dan pergi berlibur di sana. Atau kamu juga bisa memberikan tiket konser atau tiket ke wahana permainan yang mereka sukai. Pengalaman hidup akan memberikan kenangan dan bisa mereka ingat selama bertahun-tahun dibandingkan dengan memberikan hadiah dalam bentuk barang.

Baca juga: 6 Pengeluaran Rumah Tangga Yang Bisa Bikin Dompet Kering!

TunaiKita Solusi Kebutuhan Keuanganmu

TunaiKita bisa menjadi pilihan sebagai solusi kebutuhan keuanganmu, terutama untuk kamu yang butuh budget untuk Natal dan Tahun Baru. TunaiKita merupakan aplikasi pinjaman online yang sudah terdaftar di OJK sehingga terjamin keamanannya. Pinjaman yang diberikan mulai dari Rp500 ribu hingga Rp20 juta dengan tenor yang diberikan hingga 6 bulan. Proses pinjaman di TunaiKita pun cukup mudah dan cepat. Kamu hanya butuh mengupload foto diri langsung, Kartu Tanda Penduduk (KTP), NPWP, serta surat penghasilan atau slip gaji.

TunaiKita menyediakan beberapa produk pinjaman yang bisa kamu pilih sesuai dengan keinginanmu. Ada dua jenis pinjaman yang ada di TunaiKita yaitu jangka pendek dan cicilan. Kamu bisa pilih sesuai dengan kebutuhanmu. Jenis pinjaman jangka pendek dan cicilan terbagi lagi dari beberapa produk. Untuk pinjaman jangka pendek terdiri dari:

  • Pinjaman Jangka Pendek

Untuk kamu yang ingin mengajukan pinjaman jangka pendek, TunaiKita mempunyai pilihan pinjaman sesuai kebutuhan kamu. Untuk besaran nominal pinjamannya sendiri, kamu bisa mengajukan pinjaman mulai dari Rp400 ribu hingga Rp5 juta. Dengan tenor mulai dari 10 hari hingga 30 hari.

  • Pinjaman Jangka Panjang

Sedangkan pinjaman jangka panjang, TunaiKita mempunyai dua produk pinjaman yang bisa kamu pilih, di antaranya:

1. Sakti+

Jumlah pengajuan yang bisa kamu ajukan mulai dari Rp. 4 juta hingga Rp. 20 juta dengan tenor 3 hingga 6 bulan. Biaya jasa harian yang dikenakan 2,75% hingga 7,75%. Sama dengan produk jangka pendek kamu juga bisa mendapatkan TK$ Rewards sebesar 2% berlaku untuk pinjaman selanjutnya.

2.  Premiere+

Produk berikutnya, jumlah pengajuan mulai dari Rp. 4 juta hingga Rp. 20 juta dengan tenor 3 hingga 6 bulan. Dengan biaya jasa harian yang dikenakan sebesar 3% hingga 8%. Dan kamu akan mendapatkan TK$ Rewards sebesar 3% yang berlaku untuk peminjaman selanjutnya.

Baca juga: Tips Atur Pengeluaran Keuangan Rumah Tangga Agar Gak Kebobolan

Jangan sampai momen Natal membuatmu mengeluarkan banyak uang untuk hal yang tidak perlu dan tidak bermanfaat. Lakukan 5 cara kreatif seperti contoh di atas untuk menghemat banyak pengeluaran Natal dan tahun baru tiba. Selamat mencoba!