Tips Supaya Usaha Modal Kecil Bisa Mendatangkan Untung Besar

usaha modal kecil

Dengan menjadi pengusaha, kita memang bisa cepat kaya. Tapi untuk bisa menjalankannya ada modal yang perlu dikeluarkan. Jika budget terbatas, simak dulu tips menjalankan usaha modal kecil yang ada di sini bersama dengan pilihan idenya yang  bisa kamu jadikan rekomendasi.

Ada pepatah yang mengatakan, jika ingin kaya maka jadilah pengusaha. Pepatah ini memang menjadi pedoman hidup banyak anak muda saat ini. Terutama mereka yang sudah penat bekerja di kantor dengan jam kerja yang sama setiap harinya sementara penghasilan hanya sebatas angka itu-itu saja. Inilah yang membuat banyak pegawai kantoran nekat resign dan membuka usaha.

Biasanya usaha dengan modal kecil yang akan dijalankan adalah usaha yang sesuai dengan minat dan hobi, mulai dari kuliner, fashion, fotography, dan lain sebagainya. Kita selalu percaya kalau usaha yang dijalankan sesuai dengan minat dan hobi pasti akan terasa menyenangkan saat menjalankannya. Padahal pada kenyataannya membuka usaha tidaklah mudah karena ada modal dana yang perlu kamu siapkan terlebih dahulu.

Tips Agar Bisa Menjalankan Usaha Modal Kecil

Usaha Modal Kecil (blog.seagate.com)

Besaran modal usaha memang tergantung dari skala usaha yang ingin kamu jalankan. Tapi supaya tidak terlalu beresiko, ada beberapa orang yang lebih memilih untuk menjalankan usaha modal kecil mereka. Memangnya bisa? Yang terbayang dalam benak kita pada saat mendengar usaha dengan modal kecil pasti adalah usaha rumahan.

Baca juga: Tips Menentukan Ide Bisnis Kreatif Yang Prospeknya Besar Di Tahun 2019

Tapi jangan meremehkan usaha rumahan ini ya Sobat karena justru dari usaha kecil rumahan bisa berkembang menjadi bisnis yang sangat besar. Hal ini sudah banyak yang dibuktikan oleh para pengusaha sukses yang awalnya hanya membuka usaha modal kecil di rumah. Contohnya saja pemilik Sambal Bu Rudy yang awalnya hanya usaha modal kecil yang dijalankan di rumah, tapi kini justru bisa menjangkau pasar luar negeri.

Nah, supaya usaha modal kecil milikmu bisa sukses seperti Sambal Bu Rudy, TimiKimi punya beberapa tips yang bisa kamu ikuti, yaitu:

  • Ajak Teman Bekerjasama

Modal Usaha (accan.org.au)

Tips yang pertama adalah mengajak teman untuk bekerjasama. Dua kepala tentunya akan lebih baik dibanding satu kepala saja bukan? Coba ajak teman dekatmu untuk membuka peluang usaha modal kecil bersama. Tapi pastikan kalau temanmu tersebut punya hobi dan ketertarikan yang serupa denganmu. Dengan mengajak teman bekerjasama dalam menjalankan usaha modal kecil, maka dana yang dibutuhkan bisa dibagi dua, pekerjaanmu juga bisa lebih ringan karena dikerjakan berdua. Jadi tak ada salahnya jika merekrut temanmu untuk dijadikan partner bisnis.

  • Tarik Investor yang Banyak

Uang Rupiah (detik.net.id)

Selain mengajak teman untuk ikut membuka usaha rumahan modal kecil untung besar bersamamu, kamu juga bisa menarik investor sebanyak mungkin sehingga modal yang dikeluarkan jadi lebih ringan. Buat terlebih dahulu rincian dan total modal yang dibutuhkan.Setelah itu, buatlah proposal untuk ditawarkan kepada calon investor. Tak usah jauh-jauh menawarkan proposal peluang usaha modal kecilmu. Kamu bisa mulai menawarkan pada keluarga, saudara, sahabat, hingga teman kantor. Siapa tahu ada yang berminat menamamkan modalnya kepadamu.

Lantas bagaimana perhitungan sahamnya? Misalkan jika kamu membutuhkan dana usaha modal kecil sebesar Rp50 juta, kamu hanya punya modal Rp25 juta saja, maka 50% saham adalah milikmu. Dan sisa 50% nya adalah milik investor. Misalkan kakakmu menamkan modal Rp10 juta, dia akan mendapat saham 10% saja.

  • Cari Distributor yang Murah

Usaha Modal Kecil (financesonline.com)

Apapun itu jenis usaha modal kecil yang akan kamu jalankan, selalu usahakan untuk mencari distributor bahan baku yang murah. Dengan mendapatkan distributor bahan baku yang murah, maka kamu otomatis bisa menghemat biaya produksi sehingga barang bisa dijual dengan harga yang sangat terjangkau.

Di mana kita bisa mendapatkan distributor yang murah? Cobalah untuk memperluas jaringan pertemanan dengan mengikuti forum, datang ke seminar pengusaha, pameran ukm, dan lain sebagainya. Semakin luas jaringan yang kamu miliki, maka kamu juga bisa memperluas jaringan pemasaran produkmu nanti.

  • Gunakan Bahan Daur Ulang untuk Packaging

Usaha Modal Kecil (syapps.com)

Kemasan atau packaging menjadi salah satu faktor terpenting ketika kamu membuka usaha modal kecil. Karena hampir sebagian besar orang akan lebih tertarik untuk membeli sebuah produk tertentu berdasarkan packagingnya. Jika packagingnya apik dan menarik, maka sudah pasti bisa menarik minat calom pembeli. Sayangnya untuk menciptakan packaging yang bagus ini biasanya kita harus mengeluarkan budget lebih dan pastinya akan berdampak pada harga jual produk.

Baca juga: 10 Cara Mudah Mendapatkan Uang Tambahan Bagi Mahasiswa

Cobalah untuk menggunakan bahan daur ulang sebagai packaging sehingga kamu bisa menghemat pengeluaran produksi. Selain ramah lingkungan, packaging daur ulang juga bisa membuat produk milikmu menjadi viral karena keunikan yang dimilikinya. Dengan begitu kamu bisa sekaligus memasarkan produk milikmu secara tidak langsung bukan?

  • Manfaatkan Sosial Media untuk Pemasaran

Usaha Modal Kecil (balboacapital.com)

Ketika menjalankan usaha modal kecil, kamu harus memanfaatkan semua teknologi yang ada untuk memasarkan produkmu karena budget yang dimiliki sangat terbatas. Berbeda dengan usaha yang punya modal besar sehingga bisa memasang iklan di media masa atau membuat selebaran flyer yang bisa diedarkan. Tapi tenang saja Sobat, dengan teknologi yang sudah serba maju ini semua ada solusinya. Kamu bisa memasarkan secara gratis produkmu melalui sosial media.

Tentukan jadwal posting setiap harinya dan isi posting jangan melulu tentang produkmu. Kamu bisa memposting bagaimana produkmu dibuat, proses pembuatan, hingga caramu mengemas produk. Dengan begitu calon pembeli merasa lebih dekat dengan produkmu. Jangan cuma memasarkan melalui sosial media saja, tapi kamu juga bisa memanfaatkan e-commerce. Beberapa e-commerce ternama  yang bisa kamu lirik adalah Lazada, BukaLapak, Tokopedia, Shopee, hingga JD.id. Pasang foto berkualitas bagus dan beri deskripsi yang jelas mengenai produkmu.

  • Pergunakan Ruangan di Rumah atau Garasi untuk Dijadikan Toko

Bisnis Modal Kecil (www.verticalresponse.com)

Bukan berarti kalau kamu memasarkan secara online, lantas tidak perlu memasarkannya secara offline. Tapi bukankah membuka toko akan membutuhkan dana yang cukup banyak? Tak perlu khawatir, kamu bisa memanfaatkan area rumahmu seperti garasi atau ruang tamu untuk dijadikan toko yang menjual produk-produkmu sehingga kalau ada orang yang berminat pada produkmu dan ingin langsung melihatnya, maka kamu bisa memberikan alamat rumahmu.

Untuk mempermudah agar calon pembeli bisa berdatangan ke toko offlinemu, daftarkan saja tokomu tersebut di Google Bisnisku sehingga mereka bisa menemukannya di Google Maps. Tata ruangan toko seapik mungkin agar semua produk bisa didisplay sempurna.

  • Ajukan Pinjaman Online

Source: TunaiKita

Tips lainnya supaya kamu bisa menjalankan usaha modal kecil dengan untung berlipat adalah dengan cara mengajukan pinjaman online. Pinjaman online bisa dimanfaatkan untuk menambah modal usahamu. Dengan begitu, kamu tak perlu risau lagi kekurangan modal untuk usaha. Tapi ingat, pilih penyedia pinjaman online yang terpercaya seperti TunaiKita yang sudah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan) sehingga semua prosesnya diawasi.

Baca juga: Pinjaman Online Langsung Cair, Solusi Tambah Modal Usahamu

Plafon pinjaman yang diberikan oleh TunaiKita mulai dari Rp1 juta hingga Rp20 juta. Sedangkan masa tenornya hingga 180 hari (6 bulan). Syarat yang harus kamu penuhi adalah KTP (Kartu Tanda Penduduk), NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak), dan rekening bank lokal seperti Bank Mandiri, Bank Permata, Bank Mega, Bank Danamon, BCA, BRI, dan BNI.

Untuk dapat mengajukan pinjaman, kamu harus mendownload dulu aplikasi TunaiKita yang ada di PlayStore atau AppStore kemudian melakukan registrasi supaya bisa login. Setelah bisa login, kamu bisa memilih nominal pinjaman dan jangka waktu cicilan yang disanggupi lalu klik ajukan.

Mengajukan pinjaman online untuk usaha modal kecil boleh-boleh saja, tapi selalu lakukan perhitungan yang matang dan rinci supaya cicilan bisa dibayar tepat waktu dan usaha bisa tetap berjalan lancar. Selamat membuka usaha!