Banyak ibu rumah tangga yang membuka bisnis supaya bisa mendapat penghasilan sendiri. Tapi tak jarang ada bisnis rumahan ibu rumah tangga yang tidak bertahan lama hingga gulung tikar. Lantas bagaimana caranya supaya bisnis rumahan ibu rumah tangga bisa sukses dan bertahan lama? Simak trik cerdasnya di sini!

Menjadi ibu rumah tangga adalah profesi yang sungguh mulia karena mengurus anak dan keluarga adalah sebuah hal yang tidak mudah untuk dilakukan. Oleh karena itu, hampir sebagian besar perempuan Indonesia yang sudah menikah akan meninggalkan pekerjaannya untuk menjadi ibu rumah tangga. Sayangnya pekerjaan yang mulia ini terkadang membuat kamu merasa rindu saat-saat di mana kamu menerima gaji alias mendapat penghasilan sendiri.

Sebenarnya untuk menyikapi hal seperti ini sudah banyak orang yang mendapat pemecahannya yakni dengan membuka bisnis rumahan ibu rumah tangga. Untuk membuka bisnis ibu rumah tangga memang tidaklah sulit, tapi yang sulit adalah mempertahankannya. Coba saja kamu perhatikan teman-temanmu yang berprofesi sebagai ibu rumah tangga dan membuka bisnis di rumah. Ada berapa orang yang bisa sukses dan bisnisnya bertahan lama?

Meski terlihat sepele dan mudah dijalankan, tapi pada kenyataannya untuk mengelola dan mempertahankan bisnis seperti ini memang tidaklah mudah. Jadi jangan heran kalau rata-rata bisnis rumahan ibu rumah tangga hanya bertahan kurang dari satu tahun. Hal ini dikarenakan kamu harus bekerja ekstra karena memiliki dua profesi yakni sebagai ibu rumah tangga dan pebisnis.

Baca juga: Tips Supaya Usaha Modal Kecil Bisa Mendatangkan Untung Besar

Trik Cerdas Agar Bisnis Ibu Rumah Tangga Bisa Sukses

Bisnis Ibu Rumah Tangga (millionmilesecrets.com)

Bukan berarti karena sulit untuk menjalankannya lalu kamu patah semangat dan menyerah begitu saja. Siapa tahu bisnis yang kamu jalankan menjadi salah satu bisnis rumahan ibu rumah tangga yang sukses. Jika ingin bisnismu bertahan lama dan sukses, TimiKimi akan membocorkan beberapa trik cerdas yang bisa kamu lakukan, yaitu:

  • Minta Dukungan Keluarga

Pertama-tama adalah mintalah dukungan dari keluarga terlebih dahulu, terutama dari suami. Kenapa hal ini wajib dilakukan? Karena bagaimanapun juga kamu akan menjalankan bisnismu di rumah, baik itu mulai dari proses produksinya, pengemasannya, hingga menaruh stok barang dagangan. Selain itu, dukungan dari keluarga juga bisa menjadi penyemangatmu saat lelah, terutama saat kamu merasa tidak percaya diri untuk melanjutkan bisnismu.

  • Selalu Kembangkan Produk dan Lakukan Inovasi

Bisnis Ibu Rumah Tangga (operationhope.org)

Kesalahan yang paling banyak dilakukan para pelaku bisnis rumahan ibu rumah tangga adalah tidak mengembangkan produk mereka sehingga produk jualannya hanya yang itu-itu saja. Tak heran kalau pembeli merasa bosan dan tidak jadi membeli. Cobalah untuk melakukan inovasi untuk mengembangkan produk sehingga pembeli lama akan kembali datang lagi untuk membeli produk baru. Setidaknya kamu memiliki 1-2 produk baru setiap bulannya.

Baca juga: 10 Ide Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga Yang Mudah Dijalankan

  • Hitung Modal dengan Teliti dan Cermat

Pinjaman Online (www.stuartvicksmith.com)

Trik cerdas lain untuk mempertahankan bisnismu adalah dengan menghitung modal yang dibutuhkan dengan teliti dan cermat. Modal tidak hanya diperlukan untuk membuka bisnis, tapi juga dibutuhkan untuk menjalankan bisnis. Modal menjadi hal penting yang harus kamu perhatikan karena jika kekurangan modal, maka usaha tidak akan bisa berjalan dengan baik. Jadi selau hitung dengan cermat berapa modal yang dibutuhkan!

  • Pisahkan Rekening Pribadi dan Rekening Bisnis

Permasalahan rekening bisnis yang dicampur dengan rekening milik pribadi memang terdengar klasik karena memang ini yang paling sering terjadi sehingga bisnis yang dijalani lama kelamaan bisa gulung tikar. Tak jarang uang bisnis terpakai untuk keperluan pribadi karena rekening tercampur. Jadi mulai sekarang pisahkan rekening pribadi dengan rekening bisnis sehingga arus kas masuk dan keluar bisa dikelola dengan baik.

  • Pelajari Sistem Administrasi dan Manajemen Bisnis Rumahan

Pinjaman Online (www.nerdwallet.com)

Kamu pasti sering mendengar ada perusahaan yang bangkrut karena sistem pengelolaan administrasi dan manajemen yang dimiliki sangat buruk. Hal ini juga bisa terjadi pada bisnis rumahan milikmu jika kamu tidak bisa mengelola administrasi dan manajemennya dengan baik. Oleh karena itu, pelajari bagaimana sistem administrasi dan manajemen untuk mengelola bisnis rumahan. Caritahu informasinya melalui internet atau buku. Kalau perlu, ikuti pelatihan-pelatihan bisnis yang sering digelar.

  • Pergunakan Media Sosial dan e-Commerce Sebagai Pemasaran

Sosial Media (econsultancy.imgix.net)

Berhubung bisnis yang dijalankan tipenya adalah bisnis rumahan, maka dana modal yang dimiliki juga sangat terbatas. Oleh karena itu, manfaatkan media sosial untuk memasarkan produk milikmu. Kamu juga bisa bekerjasama dengan e-commerce supaya jangkauan pasarmu jadi lebih luas lagi. Tapi ingat, jika bekerjasama dengan e-commerce, maka akan ada komisi yang harus kamu berikan. Biasanya berkisar antara 10-20% dari harga jual produk.

  • Pintar Membagi Waktu Antara Bisnis dan Keluarga

Keluarga (humanenrich.com)

Ketika menjalankan bisnis rumahan ibu rumah tangga, jangan lupa untuk pintar-pintar membagi waktu antara bisnis dan keluarga karena bagaimanapun juga kamu memiliki dua profesi yang harus dijalankan sekaligus. Jangan sampai karena terlena oleh salah satunya, kamu meninggalkan satu hal yang lain. Bagi waktu secara pasti, kapan dirimu harus berprofesi sebagai ibu rumah tangga dan kapan harus menjadi pengusaha.

  • Lakukan Evaluasi Setiap Minggu

Bisnis Ibu Rumah Tangga (nbcnews.com)

Jika semua hal di atas sudah dilakukan dengan benar, maka cobalah untuk melakukan evaluasi setiap minggunya. Hal ini dilakukan supaya ketika ada sesuatu yang salah seperti produk tidak sesuai dengan permintaan pasar atau pendapatan tidak memenuhi target harian, maka kamu bisa langsung memperbaikinya dengan mengubah kemasan produk, mengganti cara promosi, atau memberikan penawaran yang menarik.

Baca juga: Pinjaman Online Langsung Cair, Solusi Tambah Modal Usahamu

Butuh Dana untuk Membuka Bisnis? Pinjaman Online Bisa Jadi Solusinya!

Bisnis Ibu Rumah Tangga (impactalpha.com)

Salah satu kendala utama saat membuka bisnis rumahan ibu rumah tangga adalah minimnya modal yang dimiliki. Jika kamu butuh tambahan dana, pinjaman online bisa menjadi solusi tepat untuk masalahmu. Tak perlu takut terlilit hutang karena jika kamu melakukan perhitungan secara matang dan selalu rutin menyisihkan pendapatan dari bisnismu untuk membayar cicilan per bulan, maka pinjaman online bisa berjalan dengan lancar.

Pinjaman online ini merupakan jenis pinjaman yang diberikan oleh perusahaan fintech melalui aplikasi atau website. Salah satu penyedia pinjaman online yang sudah dikenal oleh masyarakat adalah TunaiKita yang bisa memberikan dana pinjaman untuk bisnis rumahan ibu rumah tangga milikmu hingga Rp20 juta. Jangka waktu cicilan yang diberikan maksimum bisa mencapai 180 hari atau 6 bulan.

TunaiKita (Sumber: www.tunaikita.com)

Untuk cara mengajukan aplikasi pinjaman online TunaiKita ini, kamu cukup menyiapkan syarat KTP, NPWP, dan rekening bank lokal milik pribadi seperti rekening bank BCA, BNI, BRI, Bank Mandiri, Bank Mega, Bank Permata, dan Bank Danamon. Setelah menyiapkan ketiga syarat pengajuan di atas, kamu bisa mengikuti langkah-langkah yang ada di bawah ini:

  • Download aplikasi TunaiKita di PlayStore atau AppStore
  • Lakukan registrasi dengan mengisi data diri berupa nama lengkap, alamat email, dan nomor telepon
  • Lakukan login ke dalam aplikasiIsi persyaratan dokumen yang diminta
  • Tentukan nominal pinjaman yang diinginkan dan masa tenor pinjaman yang kamu sanggupi
  • Klik ajukan dan tunggu pihak TunaiKita memproses pengajuan pinjaman online 24 jam

Tidak sulit bukan caranya? Jadi selama kamu melakukan trik cerdas di atas, maka bisnis rumahan ibu rumah tangga milikmu bisa berjalan lancar dan cicilan juga bisa dibayarkan tepat waktu karena pengelolaan keuangan yang benar. Selamat membuka bisnis dan semoga bisnismu semakin berjaya ya Sobat!