Pinjaman Uang Tanpa Jaminan Proses Cepat

Pinjaman uang tanpa jaminan proses cepat selalu menawarkan kemudahan bagi penggunanya. Tapi ternyata tak jarang ada pengajuan yang ditolak. Agar pengajuanmu bisa lolos, TunaiKita punya trik jitunya!

Siapapun pasti pernah mengajukan pinjaman, baik itu pinjaman ke teman atau saudara, koperasi, kantor, hingga ke bank. Adanya hal-hal mendesak yang bisa kapan saja terjadi membuat kita terpaksa mengajukan pinjaman. Belakangan, ada pinjaman uang tanpa jaminan proses cepat yang menjadi sorotan publik karena paling banyak diminati. Alasan jenis pinjaman ini diminati adalah karena bisa didapat dengan cepat. Proses yang dibutuhkan untuk mencairkan dana pinjaman ini antara 1-3 hari kerja saja. Beberapa penyedia bahkan ada yang bisa mencairkan dana pinjaman dalam hitungan jam. Inilah yang membuat masyarakat menjadi tertarik. 

Tapi perlu kamu ketahui kalau pada kenyataannya, pinjaman uang tanpa jaminan proses cepat ini tidak selamanya akan meloloskan pengajuanmu. Tak jarang ada orang yang mengalami penolakan sehingga mereka tidak bisa mengajukan pinjaman. Kalau sudah begini, pastinya kamu merasa kesal dan kecewa. Supaya tidak terjadi hal-hal seperti ini, sebaiknya sebelum mengajukan pinjaman, kamu membaca beberapa trik jitu agar pinjaman uang tanpa jaminan proses cepat bisa lolos dan dana bisa cair ke rekening tabunganmu. Mari kita lihat bersama Sobat!

Ketahui Plafon Pinjaman dan Masa Tenor

Plafon Pinjaman (Sumber: okezone.com)

Pertama, ketahui terlebih dahulu plafon pinjaman dan juga masa tenor cicilan yang diberikan karena beda penyedia pinjaman, maka plafon dan masa tenor yang diberikan sudah pasti berbeda. Jangan sampai kamu mengajukan dana pinjaman melebihi limit atau kurang dari minimal limit yang telah ditentukan karena jika kamu melakukan hal tersebut, sudah pasti pengajuanmu akan ditolak.

Baca Juga : Cara Memilih Jangka Waktu Pinjaman Tunai Online Yang Tepat Agar Tak Terlilit Hutang

Misalkan saja minimal plafon pinjaman di TunaiKita adalah Rp1 juta dan maksimal dana yang bisa diberikan adalah Rp20 juta. Jika kamu mengajukan dana Rp500 ribu, maka pengajuanmu akan ditolak karena kurang dari limit minimum plafon pinjaman. Sama halnya jika kamu mengajukan pinjaman dana Rp25 juta, pengajuanmu akan ditolak karena melebihi plafon maksimum pinjaman. Begitu juga dengan masa tenor, pastikan untuk mengetahui secara pasti berapa lama masa tenor yang ditentukan oleh pihak penyedia pinjaman.

KTP dan NPWP Menjadi Syarat Wajib

Kartu Tanda Penduduk (Sumber: www.serujambi.com)

Trik yang kedua ini sebenarnya sangat umum dan kamu pasti juga sudah mengetahuinya, yakni adanya kepemilikan KTP (Kartu Tanda Penduduk). KTP sangat dibutuhkan oleh penyedia pinjaman supaya mereka bisa mengetahui dan memastikan identitas dan status kewarganegaraanmu. Tidak sedikit penyedia pinjaman uang tanpa jaminan proses cepat yang mensyaratkan status kewarganegaraan Indonesia. Selain KTP, ada NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) yang seringkali dianggap remeh oleh sebagian orang.

Saat ini memiliki NPWP sama pentingnya dengan memiliki KTP karena OJK (Otoritas Jasa Keuangan) telah menetapkan peraturan yang mewajibkan setiap orang yang akan mengajukan kredit diharuskan memiliki NPWP. Kepemilikam NPWP ini diperlukan sebagai bahan acuan oleh pihak penyedia untuk mengetahui sejauh mana kewajibanmu membayar pajak negara karena jika kamu rajin membayar pajak, maka tidak menutup kemungkinan kalau kamu juga akan membayar tagihan cicilan secara tepat waktu. Selain itu, melalui NPWP pihak penyedia juga bisa mengecek jumlah penghasilan milikmu dengan melihat riwayat pembayaran pajak penghasilan PPh21 yang sudah kamu bayarkan setiap tahunnya.

Cek Kelengkapan Dokumen

Mengecek Dokumen (Sumber: www.jpost.com)

Ada banyak pengajuan pinjaman uang tanpa jaminan yang ditolak karena dokumen persyaratan yang diberikan tidaklah lengkap. Ini bisa saja terjadi karena kita terburu-buru karena sedang butuh dana secara cepat sehingga kita bersikap kurang teliti dan langsung memberikan begitu saja dokumen persyaratan tanpa mengeceknya kembali. Dokumen yang diberikan sudah lengkap, tapi kenapa masih ditolak juga?

Baca Juga : Ketahui Lima Pilihan Pinjaman Modal Usaha Tanpa Jaminan

Bisa jadi ini dikarenakan dokumen yang kamu berikan tidak jelas karena rata-rata dokumen pinjaman uang tanpa jaminan proses cepat diberikan dalam bentuk digital yang discan terlebih dahulu. Bisa jadi hasil scan kurang jelas atau buram sehingga tidak bisa terbaca. Oleh karena itu penting sekali mengecek ulang semua kelengkapan dokumen yang akan kamu berikan. Pastikan dokumen bisa terbaca dengan jelas. Hal yang sama juga berlaku jika dokumen yang diberikan dalam bentuk fotokopi.

Baca dengan Teliti Ketentuan yang Berlaku

Membaca Ketentuan (Sumber: www.nerdwallet.com)

Masing-masing penyedia pinjaman pasti memiliki ketentuan yang berbeda-beda dalam produk pinjaman uang tanpa jaminan proses cepat. Misalkan saja dokumen persyaratan harus diberikan dalam bentuk digital, adanya biaya administrasi dan provisi yang harus dibayarkan terlebih dahulu, hingga bagaimana sistem pemberian dana pinjaman. Semua ketentuan-ketentuan ini pasti akan tercantum dan diberikan oleh pihak penyedia pinjaman uang tanpa jaminan proses cepat. Hanya saja kita kerap kali malas untuk membacanya dan melewatkan kolom ini begitu saja.

Padahal dengan membaca teliti ketentuan yang diberikan oleh penyedia pinjaman uang tanpa jaminan proses cepat, kita akan terhindar dari melewatkan ketentuan yang bisa membuat pinjaman ditolak. Misalkan saja kalau dokumen yang diberikan haruslah dalam bentuk fisik sementara kamu malah memberikan dokumen bentuk digital. Jadi pastikan terlebih dahulu untuk membaca dengan teliti ketentuan yang berlaku.

Pilih Pengajuan di Waktu yang Tepat

Pilih Waktu Pinjaman (Sumber: www.myjewishlearning.com)

Mengajukan pinjaman uang tanpa jaminan proses cepat di waktu yang tepat pasti akan segera cepat diproses. Memangnya ada waktu yang tepat untuk mengajukan pinjaman uang tanpa jaminan proses cepat? Tentu saja ada. Jika kamu mengajukan pinjaman pada hari Senin-Kamis, kemungkinan untuk pinjaman cepat diproses lebih besar karena biasanya dibutuhkan waktu 1-3 hari kerja untuk memproses pengajuan pinjaman uang tanpa jaminan.

Tapi kalau kamu mengajukannya pada hari Jumat-Minggu, kemungkinan pengajuan pinjaman bisa diproses di hari Senin karena meskipun kamu mengajukan pinjaman secara online, proses tetap akan dilakukan pada hari kerja. Jam mengajukannya juga bisa menentukan proses pinjaman lebih cepat. Lebih baik itu mengajukan pinjaman pada saat jam kerja yakni antara pukul 08.00 hingga 17.00. Hal ini dilakukan agar ketika ada dokumen yang kurang atau tidak lengkap, maka kamu bisa langsung mendapatkan pemberitahuan dari staf penyedia pinjaman uang tanpa jaminan proses cepat.

Pastikan Miliki Rekam Jejak Kredit yang Baik

Jejak Kredit (Sumber: www.which.co.uk)

Beberapa penyedia pinjaman uang tanpa jaminan proses cepat ada yang melakukan BI Checking dan ada juga yang tidak. BI Checking dilakukan untuk mengetahui rekam jejak kredit untuk bisa melihat reputasi kredit milikmu. BI Checking dilakukan dengan melihat data yang ada pada Sistem Informasi Debitur Bank Indonesia. Jika rekam jejak kredit kamu bagus, maka pengajuan kredit bisa diterima. Tapi jika rekam jejak kreditmu jelek, maka pengajuan kredit bisa ditolak. Memangnya rekam jejak kredit itu ditentukan dari apa?

Sesuai dengan namanya, rekam jejak kredit merupakan rekaman kredit yang selama ini kamu miliki. Bisa berupa kredit pemilikan rumah, kartu kredit, kredit kendaraan bermotor, dan lain sebagainya. Jika kamu pernah menunggak pembayaran, maka rekam jejak kreditmu pasti akan buruk. Lain halnya jika kamu selalu tepat waktu membayar cicilan, maka kamu akan memiliki rekam jejak kredit yang baik.

Baca Juga : Wajib Tahu! Ini Cara Aman Mendapatkan Pinjaman Uang  Online Terpercaya

Ajukan Pinjaman Uang Tanpa Jaminan Proses Cepat Sesuai Kebutuhan

Kredit Sesuai Kebutuhan (Sumber: www.edostate.gov.ng)

Pinjaman uang tanpa jaminan proses cepat memang menawarkan banyak kemudahan, tapi bukan berarti kamu bisa mengajukan pinjaman seenaknya. Ajukan pinjaman uang tanpa jaminan proses cepat sesuai kebutuhan. Misalkan saja dana yang kamu butuhkan Rp5 juta, ajukanlah Rp5 juta. Jangan mengajukan dana melebihi kebutuhan sebenarnya karena dalam dana pinjamanmu itu terdapat bunga yang harus kamu bayarkan. Lebih baik lagi kalau kamu melakukan perhitungan rasio hutang terlebih dahulu.

Normalnya, rasio hutang yang aman dimiliki adalah sekitar 30-35% dari total penghasilan bulanan. Jadi misalkan penghasilan bulananmu Rp10 juta, maka jumlah cicilan hutang per bulan tidak boleh melebihi angka Rp3 juta hingga Rp3,5 juta. Kalau ternyata hutangmu sudah mencapai angka tersebut, maka lunasi terlebih dahulu, baru kemudian kamu bisa mengajukan pinjaman uang tanpa jaminan proses cepat. Dengan begitu kamu tidak akan terlilit hutang piutang.

Dengan adanya informasi di atas, semoga nantinya kamu bisa mengajukan pinjaman uang tanpa jaminan proses cepat secara lancar.