Susah Untuk Hidup Hemat? Ubah Pola Pikir Hemat dengan Cara Ini Yuk!

Pengeluaran bulanan tiba-tiba membengkak? Penyebabnya bisa jadi karena mindset atau pola pikir selalu punya uang dan merasa ada uang di dompet, lho. Untuk itu, kamu harus menanamkan pola pikir hidup hemat dalam diri, Sobat! Nah, berikut ini cara ubah pola pikir untuk lebih hemat. Simak yuk! 

Hidup hemat saat ini merupakan angan-angan yang sulit diwujudkan. Kenapa? Terkadang, buruknya perencanaan keuangan membuat hidup kamu menjadi boros. Entah tergiur pada diskon, atau tak disiplin terhadap perencanaan yang telah dibuat. Kalau ini terus dibiarkan, kamu tentu akan merugi. Keuangan menjadi tidak sehat, kamu juga tidak bisa menabung atau investasi.

Agar keuangan kamu lebih baik, menjadi pribadi yang mempunyai pola pikir hemat agar tidak boros terhadap uang perlu diterapkan sejak dini. Apa saja pola pikir yang perlu kamu terapkan agar bisa hidup hemat? Yuk simak di bawah ini!

Pola Pikir Hemat yang Harus Dimiliki

1. Hidup Sesuai Kemampuan dan Kebutuhan

Praktikan 45 Cara Hidup Hemat dari Kebiasaan Sederhana Sehari-hari! (www.finansialku.com)

Agar bisa hidup hemat, cobalah untuk miliki pola pikir hemat “Hidup sesuai kemampuan” sejak dini. Mindset seperti itu akan membuat hidupmu jadi lebih nyaman dan jauh dari kata boros. Misal, kalau kamu merasa belum butuh kendaraan roda empat, sebaiknya jangan memaksakan kehendak untuk membeli alat transportasi itu. Alangkah baiknya jika kamu gunakan motor yang sudah ada sebagai alat transportasi untuk berpergian. Dengan pola pikir seperti itu, keuangan kamu pun akan lebih sehat dan terkontrol.

Baca juga: Ini 7 Biaya Liburan Yang Perlu Kamu Persiapkan Untuk Traveling

2. Menganggap Keuangan sedang Kritis

Berfikirlah keuanganmu sedang kritis tiap kali ingin membeli sesuatu. Anggap saja gaji yang baru kamu terima dua minggu lalu sudah semakin menipis, dan kamu perlu hemat untuk dua minggu ke depan. Pola pikir seperti ini otomatis akan membuat kamu sangat hemat. Ajakan teman untuk makan di luar, atau sekedar jajan di platform ojek online pun bisa kamu atasi dengan mudah.

Dengan begini, kebiasaan untuk bersikap seenaknya terhadap uang bisa diperkecil. Kamu akan merasa uang itu perlu dan wajib ditabung untuk mengantisipasi kejadian tidak diinginkan di masa mendatang.

3. Melakukan Aktivitas di Rumah

10+ Aktivitas untuk Membuat Liburan di Rumah Jadi Menyenangkan (bp-guide.id)

Jika merasa sulit untuk tidak keluar rumah, ubah pola pikir kamu dengan melakukan hal menarik lain yang bisa kamu lakukan di rumah saja. Dengan begitu keinginan untuk nge-mall yang berujung pada belanja bisa kamu hentikan.

Apalagi saat akhir pekan tiba, pasti kamu sering mendapat ajakan dari teman kantor ataupun kerabat untuk keluar rumah. Katakan kepada mereka kalau belakangan ini kamu sedang senang melakukan aktivitas di dalam ruangan, seperti membaca, mendengarkan musik, atau menonton. Alasan ini akan membantu untuk terhindar dari kebiasaan yang cenderung menguras isi dompet.

4. Berani untuk Bilang Tidak

Jika pada suatu kesempatan kamu harus keluar rumah dan pergi ke mall, coba katakan tidak pada setiap sales yang menawarkan suatu produk. Entah itu barang yang kamu inginkan atau tidak. Tegaskan pada diri sendiri bahwa kamu tidak membutuhkan barang tersebut. Atau coba katakan pada sales yang sedang berusaha keras merayumu bahwa kamu sudah memiliki benda tersebut di rumah. Sehingga keimananmu gak semakin goyah oleh rayuan sales tersebut.

Atau pada saat melihat diskon di mall, berani bilang tidak pada diri sendiri untuk tidak membeli barang-barang diskon yang tidak kamu butuhkan. Pengeluaran kamu pun akan aman dan kamu terbebas dari hidup boros.

Baca juga: Tips Atur Pengeluaran Keuangan Rumah Tangga Agar Gak Kebobolan

5. Tahan Penggunaan Kartu Kredit

Mau Skor Kredit Meningkat? Lakukan 7 Trik Sederhana Ini (www.republika.co.id)

Dalam masa penghematan ini coba ubah pola pikir kamu akan kartu kredit. Jika biasanya kamu merasa aman ingin membeli sesuatu karena ada yang membackup seperti kartu ini, buang jauh pemikiran itu. Ubah pola belanja kamu mulai saat ini. Usahakan gunakan uang tunai jika perlu membeli sesuatu. Jangan andalkan kartu kredit terus menerus jika tidak ingin keuanganmu berantakan.

6. Lebih Realistis

Saat berbelanja, kamu harus bisa bersikap lebih realistis sebelum memutuskan untuk membeli barang. Jika kamu membeli barang karena dilandasi rasa “ingin”, itu berarti konsumtif. Keinginan tidak pernah ada habisnya.

Bahkan, rasa ingin untuk belanja akan terus muncul seiring dengan berjalannya waktu. Jika kamu tidak mampu mengontrol diri dan lebih realistis, berapa pun gaji per bulan yang diterima tidak akan cukup untuk memenuhi kebutuhan dalam satu bulan.

7. Ubah Rumah menjadi Tempat Ternyaman

Kondisi rumah yang berantakan dan mirip kapal pecah tanpa disadari akan menambah pengeluaran. Kondisi seperti ini membuatmu merasa tidak nyaman berada di rumah, sehingga ada kecenderungan untuk ke luar rumah, hangout, atau bersantai.

Intinya, kamu bisa ke luar dan berada di tempat yang bisa membuat pikiran tenang dan fresh. Coba sulap rumahmu menjadi tempat paling nyaman yang pernah ada. Dengan demikian, kamu akan betah berada di dalam rumah selama berjam-jam bahkan seharian. Dengan begini, uang yang harusnya dipakai untuk hangout bisa dimasukkan kembali ke dalam dompet dan ditabung.

8. Berpikir Kuota Internet akan Habis

Source: Pinterest

Agar kamu bisa berkomunikasi di sosial media, tentu harus menyediakan kuota internet dalam jumlah yang cukup. Kuota internet ini tidak didapatkan secara gratis Sobat, tetapi ada harga yang perlu dibayarkan untuk bisa menikmatinya.

Harga yang dibayar pun tidak murah, terutama kalau kuota yang dibutuhkan cukup besar. Tidak perlu bersusah payah memikirkan harga kuota internet. Anggap saja kalau kuota internet sedang habis dan tidak perlu diisi ulang, sehingga kamu tidak perlu mengeluarkan uang lebih untuk menjelah dunia maya.

Baca juga: 6 Pengeluaran Rumah Tangga Yang Bisa Bikin Dompet Kering!

Ubah Pola Pikir dari Sekarang untuk Hidup Hemat

Nah, hal-hal di atas merupakan pola pikir yang perlu kamu tanamkan mulai hari ini. Hal itu berguna untuk menghindari hidup boros dan tak punya tabungan di masa depan. Jadi, jangan lagi hambur-hamburkan uang untuk hal-hal yang tidak perlu ya, Sobat!

Semoga informasi mengenai pola pikir hemat yang TimiKimi berikan dapat membantu dan menginspirasi kamu untuk hidup hemat. Selamat mencoba!