Universitas Swasta Terbaik Di Jakarta

Ketika sudah berhasil menyelesaikan jenjang pendidikan SMA, tentunya kamu ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Hal ini seringkali menjadi dilema karena biasanya kebanyakan calon mahasiswa akan memilih Perguruan Tinggi Negeri karena selama ini universitas negeri memang dikenal memiliki kualitas pelayanan dan mutu pendidikan  yang baik. Tapi jangan salah Sobat, Universitas Swasta juga tidak kalah dengan Perguruan Tinggi Negeri lho. Khusus untuk kamu yang berdomisili di Jakarta, TimiKimi ingin memberi rekomendasi universitas terbaik di Jakarta.

Daftar Universitas Swasta Terbaik Di Jakarta

Ada banyak universitas swasta terbaik di Jakarta dengan akreditas A dan pilihan jurusan yang bisa kamu sesuaikan dengan passion dan kemampuan.

  1. Universitas Bina Nusantara

Universitas Swasta terbaik di Jakarta yang pertama adalah Universitas Bina Nusantara. Kampus utamanya berlokasi di Jalan KH. Syahdan No. 9 Kemanggisan, Palmerah dan di Jalan Kebon Jeruk Raya No. 27, Kebon Jeruk-Jakarta Barat. Universitas yang lebih dikenal dengan sebutan Binus ini menempati urutan ke-15 universitas swasta terbaik di Indonesia berdasarkan 4icu Uni Rank. Setidaknya terdapat 11 fakultas yang bisa dipilih jika kamu ingin melanjutkan pendidikan ke Strata 1, di antaranya Fakultas Desain, Fakultas Ekonomi dan Komunikasi, Fakultas Teknik Informatika,  Fakultas Ilmu Komputer, dan fakultas-fakultas lainnya.

Baca Juga : Restoran All You Can Eat Yang Murah Meriah Di Jakarta

  1. Universitas Gunadarma

Universitas yang satu ini sudah memiliki akreditas A dan menjadi salah satu Universitas Swasta yang menjadi favorit. Kampus yang didirikan pada tahun 1996 ini sangat mudah dijangkau dengan angkutan umum dan kereta commuter line karena terletak di Jalan Margonda Raya 100 Pondok Cina, Depok. Jika pilihan kamu jatuh kepada Universitas yang satu ini, terdapat 6 fakultas yang bisa kamu pilih untuk tingkat Strata 1 yaitu Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, Fakultas Ekonomi, Fakultas Sastra, Fakultas Teknologi Industri, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, dan Fakultas Ilmu Komunikasi.

  1. Universitas Tarumanegara

Universitas Swasta terbaik di Jakarta selanjutnya adalah Universitas Tarumanegara. Berlokasi di jalan Letjen S. Parman No. 1 Jakarta Barat. Universitas yang satu ini mendapat predikat A dalam Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) oleh BAN-PT sejak tahun 2017.

Sudah berdiri di sejak tahun 1959, Universitas Tarumanegara setidaknya memiliki 8 fakultas yang bisa kamu pilih untuk jenjang Strata 1 yaitu Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Fakultas Teknik, Fakultas Psikologi, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Fakultas Kedokteran, Fakultas Teknologi Informasi, dan Fakultas Ilmu Komunikasi.

  1. Universitas Mercubuana

Untuk hal akreditasi, Universitas Swasta yang satu ini masuk ke dalam jajaran Universitas Swasta terbaik di Jakarta. Universitas yang didirikan oleh pengusaha Probosutedjo (almarhum) sejak tahun 1985 ini memiliki akreditas A sejak awal tahun 2017. Pada tahun 2018 dan menempati urutan ke-22 di Indonesia. Setidaknya terdapat 6 fakultas untuk Strata 1 yakni Fakultas Desain dan Seni Kreatif, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Komunikasi, Fakultas Psikologi, dan Fakultas Ilmu Komputer. Kampus utama Universitas Mercubuana terletak di Jalan Meruya Selatan, Kembangan-Jakarta Barat.

Baca Juga : Pinjaman Uang Pribadi Tanpa Slip Gaji Di Indonesia

  1. Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

Universitas selanjutnya yang bisa menjadi pilihan kamu adalah Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya. Didirikan pada tahun 1960, Universitas terbaik di Indonesia yang berlokasi di Jalan Jendral Sudirman 51, Jakarta Selatan ini memiliki akreditasi A sejak akhir tahun 2016 lalu hingga sekarang. Khusus untuk kamu yang ingin melanjutkan jenjang Strata 1, terdapat 8 fakultas yang bisa kamu pilih yaitu Fakultas Teknik, Fakultas Hukum, Fakultas Kedokteran, Fakultas Pendidikan dan Bahasa, Fakultas Ekonomi, Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis, Fakultas Tekonobiologi, dan Fakultas Psikologi.

  1. Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

Universitas yang satu ini terkenal dengan Fakultas Keguruan dan Pendidikannya. Didirikan pada tahun 1987, setidaknya Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka memiliki 7 fakultas untuk jenjang Strata 1 yaitu Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Kesehatan, Fakultas Psikologi, Fakultas Agama Islam, Ilmu Sosial dan Politik, dan Fakultas Farmasi dan Sains. Jika kamu berminat menjadi seorang pengajar atau guru, kamu bisa mendaftar di universitas ini. Kampus utama Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka berlokasi di Jalan Limau 2 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

  1. Universitas Nasional

Universitas Swasta terbaik di Jakarta yang terakhir adalah Universitas Nasional atau yang biasa lebih dikenal dengan sebutan UNAS. Berlokasi di Jalan Sawi Manila Pejaten, Pasar Minggu-Jakarta Selatan, UNAS merupakan Universitas Swasta tertua di Jakarta dan Universitas tertua kedua di Indonesia. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Hukum, Fakultas Bahasa dan Sastra, Fakultas Teknik dan Sains, Fakultas Biologi, Fakultas Pertanian, Fakultas Teknologi Komunikasi dan Informatika, dan Fakultas Ilmu Kesehatan. Selain itu masih ada Akademi Pariwisata Nasional dan Akademi Bahasa Asing Nasional.

UNAS didirikan pada tahun 1949 dan memiliki 8 Fakultas yaitu

Kelebihan Memasuki Universitas Swasta

Setelah kita membahas daftar universitas swasta terbaik di Jakarta, akan lebih baik kita juga mengulas keuntungan mendaftar di Universitas atau Perguruan Tinggi Swasta.

Kelebihan jika kamu mendaftar ke Universitas Swasta adalah peluang kamu diterima akan jauh lebih besar Selain itu fasilitas pendukung kegiatan pembelajaran juga lebih lengkap. Bangunan gedung tampilannya lebih modern, memiliki kampus cabang yang bisa kamu sesuaikan dengan domisili, dan jam belajar yang lebih fleksibel karena banyak kelas karyawan yang bisa kamu ambil jika kamu ingin mengenyam bangku kuliah sambil bekerja.

Baca Juga : Pinjaman Uang Online Terpercaya Di Indonesia

Kekurangan Memasuki Universitas Swasta

Sama seperti universitas negeri, Universitas Swasta juga punya kelebihan dan kekurangan. Hal yang paling mencolok dari segi kekurangan mendaftar di Universitas Swasta adalah besaran biaya yang akan kamu keluarkan nantinya. Nominal biayanya bisa mencapai dua kali lipat jika dibandingkan dengan Universitas Negeri.

Untuk solusi biaya pendidikan, kamu bisa memanfaatkan fasilitas KTA online yang memberikan pinjaman dengan proses cepat dan syarat mudah. TunaiKita memiliki banyak jenis produk pinjaman yang bisa kamu pilih dan disesuaikan dengan kebutuhan. Tenor yang fleksibel, bunga rendah dan pelayanan terbaik pasti akan kamu dapatkan jika kamu menjadi nasabah di TunaiKita.

Cara pengajuannya cukup mudah. Kamu hanya perlu mengunduh aplikasi TunaiKita di smartphone kamu, memasukkan data diri dengan syarat memiliki KTP dan NPWP. Jadi, tunggu apa lagi?

Download aplikasi TunaiKita sekarang!

Nah Sobat, itu dia 7 Universitas Swasta terbaik di Jakarta yang bisa kamu pilih disaat bingung menentukan pilihan untuk melanjutkan pendidikan. Untuk kamu yang gagal mengikuti tes Perguruan Tinggi Negeri, jangan berkecil hati. Kamu masih bisa mempertimbangkan 7 kampus di atas Sobat. Memang tidak semua Perguruan Tinggi Swasta Itu baik dan berkualitas, itu kenapa penting untuk mengenali dan mempelajari terlebih dahulu Profil dari Perguruan Tinggi atau Universitas Swasta yang ingin kamu pilih. Sebenarnya, dimanapun kita menuntut ilmu asalkan dijalani dengan bersungguh-sungguh dan sepenuh hati, hasil akhirnya akan tetap maksimal bukan?

 

Semoga membantu!

Penulis: Indah Sari

Picture source: Google