Usaha Modal Kecil yang Cocok Untuk Para Millennials

usaha modal kecil

Siapa bilang membangun sebuah bisnis selalu membutuhkan modal besar? Di zaman serba canggih dan serba digital seperti sekarang, peluang untuk membuka usaha modal kecil semakin besar. Berawal dari ide bisnis yang bisa menarik minat para pengguna internet, kamu sudah bisa memulai bisnis onlinemu.

Usaha Modal Kecil Untuk Para Millennials

Jika kamu ingin memulai bisnis tapi tidak memiliki modal banyak, maka bisnis online bisa menjadi solusinya. Kamu tidak perlu mengeluarkan cost untuk menyewa toko atau karyawan. Yang kamu butuhkan hanyalah smartphone, jaringan internet dan keahlian menggunakan media sosial. Ketiga hal ini merupakan modal awal untuk kamu memulai bisnismu. Jika sudah memenuhi ketiganya, maka kamu sudah bisa dibilang siap untuk menjadi seorang entrepreneur muda.

Tapi bagaimana dengan ide bisnisnya? Bisnis seperti apa yang harus kamu jalani? Nah, di artikel kali ini, TimiKimi akan membahas tentang jenis usaha modal kecil yang cocok untuk kamu para millennials. Simak ulasan di bawah ya.

Reseller Pakaian dan Aksesoris

source: Google

Jenis usaha modal kecil yang pertama adalah menjadi seorang reseller. Mekanismenya cukup mudah. Kamu hanya perlu mencari supplier yang menjual produk berupa pakaian jadi atau aksesoris, lalu kamu bisa menjualnya kembali dengan menaikkan harga 5 hingga 10 persen dari harga yang mereka jual. Media Sosial seperti Instagram bisa kamu gunakan sebagai platform toko onlinemu.

Selain itu kamu juga hampir tidak akan mengeluarkan modal, karena biasanya supplier bersedia untuk langsung mengirimkan produk yang kamu jual ke alamat pembeli. Ini disebut dengan istilah dropshipping. Lumayan bukan? Kamu bisa menjual produk tanpa harus memiliki stok sendiri dan tidak perlu repot-repot mengirim pesanan ke pelanggan.

Baca juga: Cara Menghasilkan Uang Dari Blog Untuk Kamu Yang Suka Menulis

Pulsa dan Paket Internet

source: Google

Pulsa seluler sudah menjadi salah satu kebutuhan millennials yang tidak akan pernah ada habisnya. Memang pulsa dan paket internet lebih mudah ditemukan. Hampir seluruh minimarket menyediakan jasa isi ulang pulsa dan paket internet. Akan tetapi, akan jauh lebih mudah jika kita bisa membelinya melalui jejaring sosial atau media online, bukan? Tidak perlu repot-repot keluar rumah atau kantor untuk mampir ke minimarket.

Nah, kamu bisa memanfaatkan hal ini sebagai lahan untuk menambah pemasukan. Usaha sampingan di rumah yang satu ini hanya membutuhkan modal ratusan ribu. Modal ini nantinya akan kamu gunakan untuk mengisi saldo ke agen pulsa dan melakukan transaksi melalui ponsel. Kamu bisa menawarkan jasa jual beli pulsamu melalui media komunikasi seperti Whatsapp dan Line, serta menggunakan Media sosial yang kamu miliki.

Produk Handmade

source: Google

Jika kamu gemar membuat kerajinan tangan seperti aksesoris gelang, kalung dan tas, maka kamu bisa menggunakan keahlianmu untuk mendapatkan pemasukan. Maksimalkan tangan terampil-mu untuk membuat produk yang unik juga menarik, lalu pasarkan produk-produk tersebut melalui akun media sosial kamu. Aksesoris unik dan lucu yang dijual online sekarang banyak peminatnya lho.

Baca Juga : CEO-CEO Ini Mampu Bangkitkan Perusahaannya Dari Kebangkrutan

Makanan Ringan

source: Google

Usaha modal kecil yang satu ini khusus untuk kamu yang gemar masak. Kamu bisa menjual keripik dengan berbagai rasa atau kue dengan bentuk yang lucu. Saat ini, makanan ringan seperti ini sedang booming di dunia jual beli online.

Jika membuat produk sendiri terasa agak berat, kamu bisa membeli makanan ringan jadi di pasaran dan kemas ulang menggunakan brand-mu sendiri.

Jasa Titip

source: Google

Usaha modal kecil selanjutnya yang sedang happening di kalangan millennials saat ini adalah jasa titip atau yang biasa disingkat dengan jastip. Jika kamu senang liburan ke luar negeri, maka jenis usaha kecil yang menjanjikan ini akan sangat cocok untuk kamu.

Sembari liburan bersama keluarga atau teman-teman, kamu bisa membuka jasa titip di akun Media Sosialmu. Biasanya barang-barang yang sering dititip oleh para pelanggan jastip adalah sepatu dan tas bermerk yang harganya jauh lebih murah dibandingkan jika harus membelinya di Indonesia.

Kamu bisa memasang tarif jasa titip atau menaikkan harga jual sekitar 5 – 10 persen untuk setiap barangnya. Lumayan bukan? Sebagian biaya liburanmu bisa ditutupi oleh usaha jasa titip ini Sobat.

Baca juga: Biasakan Menggunakan Transportasi Umum, Ini Manfaat Dan Keuntungannya

Jangan Takut Memulai

Segala sesuatu berawal dari kemauan untuk memulai sesuatu dan ditambah dengan keinginan yang kuat untuk terus konsisten setelah prosesnya berjalan. Pasti akan selalu ada risiko yang harus kita hadapi, tapi jika tidak pernah dimulai, kapan lagi?

Semoga membantu!