Wajib Tahu! Ini Cara Aman Mendapatkan Pinjaman Uang  Online Terpercaya

Pinjaman Uang Online Terpercaya

Pinjaman uang online menawarkan banyak kemudahan sehingga membuat kita akan tergiur. Tapi di balik kemudahan tersebut, pinjaman uang online sangat rentan terhadap tindak kejahatan. Berikut cara aman untuk mendapatkan pinjaman uang online terpercaya!

Pinjaman uang online dalam jangka waktu beberapa tahun belakangan ini sukses meraih popularitas dan menjadi perbincangan di kalangan masyarakat. Pasalnya, jenis pinjaman uang online sangat mudah didapat sehingga bisa menjadi solusi ketika sedang membutuhkan dana cepat di saat terdesak. Kepopuleran pinjaman online ini kerap kali menjadi sasaran empuk para pelaku kejahatan online yang saat ini sudah semakin merajalela. Kamu sendiri pastinya sering mendengar melalui pemberitaan di televisi tentang adanya kasus penipuan pinjaman online.

Dengan adanya kasus-kasus penipuan pinjaman online ini, lantas jangan membuat diri kita merasa takut karena sebenarnya hal-hal seperti ini bisa kamu hindari jika menerapkan cara-cara yang ada di bawah ini!

1. Cari Penyedia Pinjaman yang Memiliki Kredibilitas Tinggi

Memilih Penyedia Pinjaman (Sumber: www.usatoday.com)

Cara yang pertama adalah dengan mencari penyedia pinjaman uang online terpercaya yang memiliki kredibilitas tinggi di mata para konsumennya. Kamu bisa mengetahui kredibilitas penyedia pinjaman uang online terpercaya dengan mencaritahu komentar-komentar yang ada pada sosial medianya. Kamu juga bisa mengunjungi forum-forum keuangan untuk memastikan kalau penyedia pinjaman yang kamu pilih bisa dipercaya.

2. Kenali Identitas Situs atau Aplikasi Penyedia Pinjaman

Selain kredibilitas yang tinggi, kamu juga bisa mengenali identitas dari situs atau aplikasi penyedia pinjaman uang online terpercaya. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, mulai dari mengecek keberadaan kantor resminya dengan menggunakan Google Maps. Hal ini wajib dilakukan karena kebanyakan orang yang sudah terkena penipuan pinjaman online ini tidak mengetahui keberadaan kantor penyedia pinjaman sehingga jika terjadi suatu resiko di tengah jalan, mereka akan mengalami kesulitan untuk mengadu atau melakukan pelaporan.

Baca Juga : 5 Tempat Pinjaman Uang Cepat Tanpa Syarat Yang Ribet

Kenali juga nomor telepon penyedia pinjaman uang online terpercaya yang bisa dihubungi dan juga alamat email resminya. Penyedia pinjaman uang online terpercaya pasti akan memiliki alamat email resmi dengan nama perusahaan terdaftar karena mereka mewakili perusahaan, bukan pribadi.

3. Mempelajari Cara Kerja dan Ketentuan yang Berlaku

Mempelajari Syarat dan Ketentuan (Sumber: www.threatmetrix.com)

Biasanya kita kerap kali tidak memperhatikan dan mempelajari cara kerja serta ketentuan yang berlaku pada pinjaman uang online terpercaya. Jika kita kurang paham, bukan hal yang asing lagi kalau di pertengahan masa cicilan akan terjadi resiko masalah tertentu. Oleh karena itu, luangkanlah waktu untuk mempelajari bagaimana cara kerja dan ketentuan yang berlaku dari penyedia pinjaman uang online terpercaya. Cara kerja dan ketentuan yang wajib dipelajari adalah bagaimana sistem pembayaran cicilan, denda yang dikenakan jika terlambat membayar, penalti jika membayar lunas lebih awal, hingga sistem penagihannya seperti apa.

4. Jangan Mudah Tergiur dengan Kemudahan yang Ditawarkan

Seperti yang sudah dikatakan di atas kalau jenis pinjaman uang online terpercaya ini memang memberikan kemudahan bagi para calon peminjamnya. Tapi seringkali kemudahan ini dijadikan sebagai umpan sehingga kamu terjebak dalam penipuan pinjaman online. Oleh karena itu, jangan mudah tergiur oleh kemudahan serta iming-iming yang ditawarkan. Coba telaah lagi apakah kemudahan yang diberikan tersebut masuk akal atau tidak. Misalkan saja, jika kamu ditawari kemudahan pinjaman dengan nominal puluhan hingga ratusan juta yang cair hanya dalam hitungan menit.

Perlu kamu ketahui kalau butuh waktu beberapa jam untuk dapat mencairkan dana yang jumlahnya puluhan hingga ratusan juta. Lain halnya jika pinjaman yang dilakukan jumlahnya hanya sekitar Rp1 sampai Rp10 juta. Jadi kalau kemudahan yang ditawarkan tidak masuk akal, maka kamu harus waspada.

5. Pinjaman Uang Online Terpercaya Tidak Akan Meminta Uang Muka

Uang Muka (Sumber: okeinfo.net)

Jika kamu sering melihat pemberitaan mengenai penipuan pinjaman online pastinya kamu sudah tahu modus yang satu ini. Modus meminta uang muka sebagai syarat utama agar dana pinjaman bisa cepat cair. Sebenarnya jika dipikirkan secara logika memang tidak masuk akal. Tapi terkadang saat kita sedang terdesak dan pikiran sedang tidak fokus, maka kamu bisa saja terkena modus penipuan pinjaman online seperti ini. Perlu kamu ketahui kalau penyedia pinjaman uang online terpercaya tidak ada satu pun yang meminta uang muka untuk memperlancar pencairan pinjaman. Lain halnya dengan jenis pinjaman KPR (Kredit Pemilikan Rumah) dan KKB (Kredit Kendaraan Bermotor) yang mensyaratkan sejumlah uang muka sebagai tanda jadi.

Baca Juga : Pinjaman Uang Tunai Beserta Jenisnya Di Indonesia

Dalam pinjaman uang online terpercaya, dana yang biasanya harus kamu berikan hanyalah biaya administrasi, biaya materai, hingga biaya provisi saja dan jumlahya juga tidak seberapa. Jadi kalau ada penyedia pinjaman yang mensyaratkan uang muka sejumlah jutaan rupiah untuk mendapatkan pinjaman puluhan hingga ratusan juta, maka kamu harus waspada.

6. Ambil Pinjaman Seperlunya

Saat akan mengambil pinjaman uang online terpercaya, kita seringkali tergoda untuk mengambil nominal pinjaman yang lebih besar dengan alasan takut dana yang dibutuhkan kurang atau sebagai uang jaga-jaga nanti. Ingat Sobat kalau ada bunga yang terdapat dalam uang yang kamu kamu pinjam. Jadi sebaiknya kamu mengambil pinjaman dana yang sesuai dengan kebutuhan. Jangan sampai nantinya dana yang dibutuhkan hanya Rp1 juta, lantas kamu mengajukan pinjaman hingga Rp3 juta.

7. Lakukan Simulasi Perhitungan Cicilan

Melakukan Perhitungan (Sumber: okeinfo.net)

Terakhir adalah jangan lupa untuk melakukan simulasi perhitungan terlebih dahulu sebelum mengajukan pinjaman uang online terpercaya. Hal ini dilakukan supaya kamu bisa mengetahui seberapa jauh kemampuan finansialmu dalam membayar cicilan hutang pinjaman uang online terpercaya. Dengan melakukan simulasi, kamu juga bisa mengetahui berapa masa tenor cicilan yang bisa kamu ambil karena nantinya masa tenor ini akan mempengaruhi nominal cicilan per bulan yang akan kamu bayarkan. Jadi, tidak ada salahnya melakukan perhitungan simulasi bukan?

Ajukan Pinjaman Uang Online Terpercaya di TunaiKita

TunaiKita (Sumber: www.tunaikita.com)

Salah satu penyedia pinjaman uang online terpercaya yang memiliki kredibilitas tinggi adalah TunaiKita. Penyedia pinjaman uang online terpercaya berbasis aplikasi ini menyediakan pinjaman kepadamu untuk keperluan apapun dengan nominal pinjaman minimal Rp1 juta hingga maksimum Rp20 juta. Masa tenor pinjaman yang diberikan untukmu membayar cicilan adalah minimal 10 hari dan maksimum 180 hari. Kenapa mengajukan pinjaman uang online terpercaya di TunaiKita?

Selain karena TunaiKita sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK, syarat untuk mengajukannya juga hanya membutuhkan KTP, NPWP, dan rekening bank lokal seperti BCA, BNI, BRI, Bank Mandiri, Bank Danamon, Bank Mega, dan Bank Pertama. Untuk mengajukannya, pertama-tama kamu harus mendownload terlebih dahulu aplikasi TunaiKita yang ada di PlayStore kemudian mengisi form untuk melakukan registrasi. Setelah itu, kamu tinggal login dan melengkapi kelengkapan data diri dan dokumen yang diperlukan.

Baca Juga : Wajib Tahu! Kelebihan Dan Kekurangan Pinjaman Online Langsung Cair

Cara Mengajukan Pinjaman TunaiKita (Sumber: www.tunaikita.com)

Langkah selanjutnya adalah kamu tinggal memilih berapa nominal pinjaman yang ingin kamu ajukan dan berapa lama waktu cicilan yang kamu inginkan. Setelah memilih, kemudian klik ‘saya mau pinjam’. Nantinya pihak TunaiKita akan melakukan verifikasi data terlebih dahulu, baru kemudian memproses pengajuan pinjaman uang online terpercaya milikmu. Pengajuan yang diterima akan langsung ditransfer dananya melalui rekening pribadi yang sudah kamu cantumkan sebelumnya. Untuk proses pinjaman uang online terpercaya di TunaiKita, rata-rata membutuhkan waktu kurang lebih 1-3 hari kerja.

Selalu ajukan pinjaman uang online terpercaya di tempat yang sudah terjamin keamanannya sehingga kamu terhindar dari penipuan online. Selamat mengajukan pinjaman Sobat!