Waspada Aplikasi Pinjaman Online yang Nakal, Kenali Ciri-cirinya!

aplikasi pinjaman online

Pinjaman online sedang naik daun karena mudah mengajukan dan prosesnya cepat. Tapi jika tidak waspada, pinjaman online sangat rentan terhadap penipuan online. Supaya tidak terjerat, kenali dulu ciri-ciri aplikasi pinjaman online yang harus kamu hindari!

Siapa yang tak kenal dengan pinjaman online. Saat ini pinjaman online memang sedang marak dibicarakan oleh masyarakat Indonesia. Pasalnya jenis pinjaman ini sangat banyak peminatnya. Secara kondisi finansial seseorang tidak selalu berlebih. Ada kalanya kita mengalami permasalahan ekonomi yang membuat kita terpaksa harus mengajukan pinjaman. Tidak hanya karena terbentur masalah ekonomi, ketika terjadi suatu resiko yang tidak diinginkan seperti harus masuk rumah sakit, kecelakaan, dan lain sebagainya, maka orang cenderung akan mengajukan pinjaman dana.

Pinjaman online merupakan salah satu jenis pinjaman yang bisa didapatkan dengan cara mengajukan secara online, baik melalui website maupun aplikasi. Pinjaman ini diberikan oleh perusahaan fintech (financial technology). Berhubung pinjaman ini bukan diberikan oleh bank, maka sudah pasti kamu harus ekstra waspada karena banyak praktek penipuan yang mengatasnamakan pinjaman online.

Ciri Aplikasi Pinjaman Online yang Nakal

Pinjaman Online Bisa Cepat Cair (Sumber: multimonthloans.co.uk)

Sebenarnya untuk menghindari resiko penipuan dari oknum aplikasi pinjaman online yang nakal ini tidaklah sulit asalkan kamu memperhatikan beberapa ciri yang ada di bawah ini!

  • Tidak Terdaftar di OJK

Cara mengenali pinjaman online yang nakal adalah dengan mengecek apakah nama aplikasi pinjaman online terbaik tersebut sudah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan) atau belum. Jika sudah terdaftar, maka pinjaman online tersebut termasuk aman karena OJK akan mengawasi semua proses yang ada pada kegiatan pinjam meminjam secara online, mulai dari proses pengajuan, pencairan dana, pembayaran, hingga penagihan.

Baca juga: 5 Aplikasi Pinjaman Online Yang Aman Dan Proses Cairnya Cepat

  • Informasi Tentang Produk Pinjaman Tidak Lengkap

Salah satu ciri dari pinjaman online yang nakal adalah tidak memberikan informasi mengenai produk pinjaman secara jelas. Biasanya mereka hanya asal-asalan memberikan informasi produk pinjaman yang ditawarkan. Oleh karena itu, ketika membaca informasi produk, pastikan kalau di dalamnya terdapat besara bunga, masa tenor cicilan, cara pembayaran, ada biaya tambahan apa saja, sanksi yang dikenakan jika telat membayar, dan lain sebagainya.

  • Meminta Uang Muka

Uang Muka (Sumber: amazonaws.com)

Ciri selanjutnya adalah adanya syarat untuk memberikan sejumlah dana jika mau dana pinjaman cepat cair. Perlu kamu ketahui, saat melakukan peminjaman online, memang ada biaya administrasi, tapi itu hanya sebatas uang materai dan lain sebagainya yang jumlahnya tidak seberapa. Jadi kalau ada yang meminta dana hingga Rp 1 juta lebih, sudah pasti mereka berniat untuk melakukan penipuan terhadapmu.

Kamu harusnya bertanya-tanya, kenapa orang yang ingin meminjam uang justru dimintai uang? Kebanyakan orang yang mengajukan pinjam uang cepat sedang dalam keadaan terdesak atau benar-benar butuh sejumlah dana yang jumlahnya cukup besar dengan segera. Jadi mereka pasti akan rela untuk mengeluarkan Rp 1 juta untuk mendapatkan pinjaman sebesar Rp 100 juta. Jadi pastikan untuk mewaspadai hal-hal seperti ini ketika mengajukan pinjaman.

  • Meminta Data Perbankan

Kamu patut mencurigai dan waspada terhadap kreditur yang meminta pin atau password perbankan yang kamu miliki dengan alasan untuk kelengkapan data peminjam. Umumnya pada tahapan awal, data yang diminta hanyalah nama, nomor telepon, alamat email. Pin atau password perbankan adalah hal yang sifatnya pribadi dan tidak boleh diberitahukan kepada orang lain. Apalagi jika mereka sampai meminta nomor kartu kredit dan lain sebagainya.

  • Mengirim Email yang Tidak Resmi

Usaha Modal Kecil (balboacapital.com)

Memperhatikan setiap detail yang ada memang wajib dilakukan. Tapi terkadang kita tidak aware dengan hal-hal seperti itu. Misalkan saja email yang dikirimkan oleh aplikasi pinjaman online bunga rendah. Ketika melakukan konfirmasi dan follow up, biasanya prosedur yang  dilakukan adalah dengan menelpon atau mengirimkan email. Email perusahaan yang resmi alias legal selalu menggunakan alamat email perusahaan yang terdaftar karena mereka mewakili perusahaan, bukan alamat email pribadi. Jadi kalau ternyata mereka menggunakan alamat email pribadi, maka kamu harus curiga.

  • Nama Kantor dan Alamatnya Tidak Dapat Ditemukan di Google

Cara mudah untuk mengetahui apakah aplikasi pinjaman online yang kamu tuju ini tidak ada tipu-tipu adalah dengan mengecek nama kantor dan alamatnya pada Google. Jika nama kantor dan alamatnya tidak bisa kamu temukan di Google Maps, maka sudah pasti aplikasi pinjaman online yang kamu tuju bukanlah perusahaan resmi yang terdaftar karena tidak ada wujud kantor fisiknya. Dengan mencari nama dan alamat kantor di Google, kamu juga bisa menemukan komentar atau pendapat orang-orang yang sudah pernah menggunakan aplikasi pinjaman online ini.

Baca juga: Wajib Tahu, Ini Tips Mengetahui Aplikasi Pinjaman Online Yang Aman

  • Adanya Paksaan

Aplikasi Pinjaman Online (www.chinability.com)

Ciri terakhir dari aplikasi pinjaman online yang nakal adalah adanya paksaan yang ditujukan kepadamu. Biasanya ada orang yang lama mengambil keputusan sehingga ketika bertanya-tanya pada pihak penyedia pinjaman, mereka tidak langsung mengajukan pinjaman dan mengatakan akan menghunungi pihak penyedia pinjaman kembali jika sudah mengambil keputusan.

Pihak penyedia pinjaman pasti akan melakukan proses follow up untuk menanyakan kembali keputusanmu. Saat menanyakan inilah kamu harus memperhatikan perilaku penyedia pinjaman. Jika mereka bersikap berlebihan dengan memaksa dan terus menerus menelpon, maka sudah pasti kami wajib menghindarinya. Karena bisa jadi penyedia pinjaman tersebut ilegal.

Aplikasi Pinjaman Online yang Aman dan Terpercaya

TunaiKita (Sumber: www.tunaikita.com)

Sekarang kamu sudah tahu bukan ciri-ciri aplikasi pinjaman online langsung cair yang wajib kamu hindari. Jika ingin mengajukan pinjaman online yang aman dan terpercaya, kamu bisa ajukan melalui TunaiKita. TunaiKita merupakan aplikasi online yang sudah terdaftar di OJK sejak tahun 2017. Ada dua jenis pinjaman online yang diberikan oleh TunaiKita, yakni Pinjaman Jangka Pendek dan Pinjaman Cicilan.Untuk pinjaman jangka pendek terbagi lagi menjadi dua yakni Pinjaman Sakti dan Pinjaman Fast yang menyediakan pinjaman dana mulai dari Rp500 ribu hingga Rp5 juta dengan jangka waktu cicilan 10-30 hari.

Sedangkan untuk Pinjaman Cicilan juga terbagi menjadi dua yakni Pinjaman Sakti+ dan Pinjaman Premier+ yang memberikan dana pinjaman mulai dari Rp4 juta hingga Rp20 juta dengan jangka waktu cicilan mulai dari 3-6 bulan lamanya.

Baca juga: Cara Ajukan Pinjaman Pribadi Tanpa Syarat Yang Ribet Dan Pilihan Penyedianya

Untuk cara mengajukannya aplikasi sangat mudah dipahami. Cukup siapkan KTP, NPWP, dan rekening bank lokal milik pribadi seperti rekening bank BCA, BNI, BRI, Bank Mandiri, Bank Mega, Bank Permata, dan Bank Danamon. Setelah menyiapkan ketiga syarat pengajuan di atas, kamu bisa mengikuti langkah-langkah yang ada di bawah ini:

  • Download aplikasi TunaiKita di PlayStore atau AppStore
  • Lakukan registrasi dengan mengisi data diri berupa nama lengkap, alamat email, dan nomor telepon
  • Lakukan login ke dalam aplikasi
  • Isi persyaratan dokumen yang diminta
  • Tentukan nominal pinjaman yang diinginkan dan masa tenor pinjaman yang kamu sanggupi
  • Klik ajukan dan tunggu pihak TunaiKita memproses pengajuan pinjaman online 24 jam

Jika sudah paham cara-caranya, langsung saja ajukan pinjaman online di TunaiKita yuk!