Siapa yang tidak tergiur jika mendapat tawaran rumah dengan harga murah? Apalagi jika berlokasi di pusat kota. Mengingat harga tanah yang tinggi dan juga biaya pembangunan rumah yang mahal, tentu saja akan terasa mustahil jika kita bisa mendapatkan rumah dengan harga murah dan berada di lokasi yang strategis.

 

Akan tetapi, tidak sedikit promosi-promosi yang menawarkan rumah dengan harga murah melalui media cetak atau media online. Promosi seperti ini tentu saja akan menarik minat karena sebagai konsumen, terutama jika memiliki penghasilan yang cenderung kecil, kita diiming-imingi uang muka dengan nominal rendah dan bebas biaya pengurusan Kredit Kepemilikan Rumah atau KPR.

 

Di artikel kali ini, TimiKimi akan membahas tentang hal-hal apa saja yang harus kamu pastikan dan kamu waspadai jika kamu menerima tawaran rumah dengan harga murah. Apa aja sih? Simak ulasan di bawah yuk!

 

Pastikan Developer

Developer yang berpengalaman dan memiliki jam terbang tinggi tidak akan mengecewakan calon konsumennya. Maka penting untuk kamu memastikan, apakah developer rumah yang memberimu tawaran harga murah sudah memiliki pengalaman dalam mengembangkan properti sebelumnya.

Jika kamu mendapatkan tawaran rumah dengan developer kecil, pastikan terlebih dahulu developer itu bisa dipercaya dengan mengecek legalitas dan surat izin pengembang. Lain hal jika kamu diberi rekomendasi oleh teman atau orang terdekat, kamu bisa mempercayai developer tersebut.

 

Periksa Lokasi

Penting untuk memastikan dimana lokasi rumah yang akan kamu beli. Walaupun kamu akan membeli rumah dengan harga yang murah, bukan berarti kamu tidak boleh mendapatkan lokasi rumah yang strategis lho Sobat.

Yang harus kamu lakukan adalah mendatangi langsung lokasi rumah yang akan kamu beli. Kemudian pastikan bahwa rumah tersebut tidak dibangun di atas wilayah sengketa, bebas dari banjir dan tidak rawan longsor atau kebakaran, tidak terlalu terpencil agar kamu tidak kesulitan mendapatkan akses transportasi dan yang tidak kalah penting pastikan memiliki air tanah yang bagus agar kamu bisa menggunakannya.

 

Masa Depan Tanah

Ketika kamu mendapat tawaran rumah dengan harga murah, jangan langsung ditelan mentah-mentah Sobat. Tidak ada salahnya mempertanyakan banyak aspek, mengapa rumah tersebut bisa dijual dengan harga yang terhitung rendah. Salah satunya, pertanyakan bagaimana kondisi tanah dari rumah tersebut kedepannya. Ini penting untuk dilakukan Sobat. Jangan sampai rumah yang kamu inginkan termasuk ke dalam wilayah sengketa atau lebih parahnya akan digusur untuk dijadikan proyek pembangunan nantinya.

Untuk memastikan hal ini tidak akan terjadi, kamu bisa melakukan pengecekan ke kantor Badan Pertahanan Nasional atau BPN. Disini kamu bisa menanyakan dengan lengkap tentang kondisi saat ini dan masa depan area tersebut. Bahkan tidak menutup kemungkinan kamu akan mendapatkan rumah murah di kawasan yang akan segera berkembang, bukan?

 

Periksa Kelengkapan Dokumen

Setelah sudah memastikan hal-hal di atas, memeriksa kelengkapan dokumen juga tidak boleh dilupakan Sobat. Pastikan rumah incaranmu memiliki dokumen dan surat-surat rumah yang lengkap.  Periksa surat Izin Mendirikan Bangunan, Sertifikat Hak Milik, dan juga Pajak Bumi dan Bangunan. Kamu akan membutuhkan dokumen-dokumen ini nantinya jika kamu berencana untuk membeli rumah dengan sistem KPR di bank.

 

Pastikan Kondisi Rumah

Jika kita memutuskan untuk membeli sebuah rumah, baik baru atau bekas, tentunya kita ingin mendapatkan rumah dengan kondisi yang baik, bukan? Terutama jika kamu mendapat tawaran promosi rumah dengan harga murah. Logikanya, jika sebuah rumah bisa dihargai dengan harga yang murah, maka bahan baku yang digunakan untuk membangunnya juga murah.

Itu kenapa penting untuk memastikan kondisi rumah yang ingin kamu beli Sobat. Akan tetapi, lain hal jika kamu membeli rumah untuk dibangun kembali dengan desain yang berbeda, mungkin kamu tidak terlalu perlu memusingkan hal ini. Namun kalau kamu membeli rumah untuk langsung ditempati bersama keluarga, kamu harus memastikan bahwa rumah tersebut layak huni.

 

Biaya Tambahan

Tidak bisa dipungkiri jika kamu membeli rumah dengan harga yang murah, bahan baku yang digunakan bukanlah bahan-bahan yang memiliki kualitas terbaik. Yang harus kamu perhitungkan adalah, biaya yang akan kamu keluarkan jika nanti terjadi kerusakan seperti bocor atau lebih parah dinding bangunan keropos. Kamu harus membuat perkiraan atau estimasi dengan sangat rinci. Jangan sampai kamu mengeluarkan biaya tambahan untuk renovasi seperti ini terlalu besar yang ujung-ujungnya malah lebih merugikan.

 

Nah itu dia Sobat, hal-hal yang harus kamu waspadai ketika kamu mendapatkan tawaran rumah dengan harga murah. Memang tidak ada salahnya membeli sebuah rumah dengan harga yang murah, akan tetapi lebih baik kamu juga berhati-hati dengan memastikan hal-hal di atas terlebih dahulu guna menghindari hal-hal yang nantinya bisa merugikan diri sendiri.

           

Semoga membantu!

 

Penulis: Indah Sari