Yuk, Lakukan Simulasi Pinjaman Dana Online Dulu Agar Perhitungan Jadi Matang

Saat mengajukan pinjaman dana online, ada satu hal yang perlu kamu lakukan terlebih dahulu yakni melakukan simulasi perhitungan cicilan. Bagaimana caranya? Yuk, cek cara mudahnya di bawah ini!

Di era yang sudah serba canggih ini, semua hal bisa kita lakukan secara online, mulai dari berbelanja, membayar tagihan, hingga mengajukan pinjaman. Saat ini ada yang namanya pinjaman dana online yang merupakan salah satu jenis pinjaman yang cara pengajuannya dilakukan secara online. Jenis pinjaman ini sedang marak diperbincangkan oleh masyarakat karena memang sangat diminati. Sebenarnya apa alasan di balik ketenaran pinjaman dana online ini? Coba kita lihat terlebih dahulu apa saja kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya!

1. Proses Mudah

Pinjaman (tstatic.net)

Kelebihan dari pinjaman dana online adalah prosesnya yang jauh lebih mudah jika dibandingkan pinjaman offline yang mengharuskanmu untuk datang ke cabang bank terdekat terlebih dahulu untuk mengajukan pinjaman. Hanya dengan menggunakan gadget dan jaringan internet, maka pengajuan pinjaman dana online bisa langsung dilakukan. Dengan begitu, kamu bisa lebih menghemat waktu dan tenaga karena proses pengajuannya bisa dilakukan dari mana saja dan kapan saja.

2. Dana Cair dalam Hitungan Hari

Salah satu alasan utama beberapa orang mengajukan pinjaman dana online adalah karena dana pinjaman bisa cair dalam jangka waktu hitungan hari yakni antara 1-3 hari kerja saja. Jika kamu sudah pernah mengajukan pinjaman, prosesnya bahkan bisa berlangsung hanya dalam hitungan jam. Jadi ketika sedang dalam keadaan terdesak dan butuh dana mendadak, maka pinjaman uang langsung cair bisa langsung kamu manfaatkan. Kenapa proses pencairan dananya bisa cepat?

Hal ini dikarenakan tidak ada agunan yang diberikan sehingga tidak perlu proses penaksiran aset terlebih dahulu. Ditambah lagi, semua data diberikan secara digital sehingga bisa langsung segera diproses. Berbeda jika kamu mengajukan pinjaman secara offline dengan cara datang langsung ke bank karena data yang diberikan adalah data fisik sehingga harus dipindahkan menjadi data digital agar bisa diproses.

Baca juga: Ingin Beli Rumah? Pelajari Dulu Cara Simulasi KPR BTN Yang Mudah Ini

3. Persyaratan Tidak Ribet

Aplikasi Pinjaman Online (www.chinability.com)

Persyaratan dokumen yang disyaratkan oleh pinjaman dana online ini juga tidaklah ribet karena pada dasarnya mereka ingin memberikan pinjaman yang bisa dengan mudah diajukan oleh semua orang. Rata-rata persyaratan yang diberikan oleh penyedia pinjaman online langsung cair hanyalah kepemilikan KTP (Kartu Tanda Penduduk), NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak), slip gaji atau surat keterangan penghasilan, dan rekening tabungan. Dengan persyaratan yang tidak ribet dan mudah dipenuhi, maka siapa saja bisa mengajukan pinjaman dana online.

4. Bisa Digunakan untuk Keperluan Apa Saja

Tidak seperti jenis pinjaman lainnya seperti KPR (Kredit Pemilikan Rumah) yang hanya dikhususkan untuk membeli rumah, KKB (Kredit Kendaraan Bermotor) yang dikhususkan untuk membeli kendaraan bermotor, atau KUR (Kredit Usaha Rakyat) yang dikhususkan untuk modal usaha, pinjaman dana online bisa dipergunakan untuk keperluan apa saja. Kamu bisa menggunakannya untuk renovasi rumah, biaya pendidikan, biaya berobat ke rumah sakit, hingga modal pernikahan. Tapi ingat, pinjaman uang tidak dianjurkan untuk membayar hutang cicilan kartu kredit, uang muka membeli kendaraan atau rumah, hingga untuk keperluan konsumtif seperti berbelanja.

5. Sistem Bunga Harian

Bunga yang Rendah (Sumber: charity.lovetoknow.com)

Tidak seperti bunga kredit tanpa agunan yang diberikan oleh bank yang menerapkan sistem perhitungan bunga bulanan, pinjaman dana online menggunakan sistem perhitungan bunga harian. Memang jika kita mengambil masa tenor yang singkat maka bunganya tidak terlalu berasa, tapi jika masa tenor yang diambil cukup lama, maka bunga yang dikenakan akan cukup berat. Oleh sebab itu, sebelum mengajukan pinjaman, ada baiknya kamu melakukan perhitungan terlebih dahulu agar nantinya bisa mengetahui perbedaan bunga yang harus dibayar jika mengambil masa tenor singkat dan panjang.

6. Plafon Pinjaman Tidak Terlalu Besar

Berhubung pinjaman ini dananya bisa dicairkan dalam waktu 1-3 hari kerja, maka plafon pinjaman yang diberikan tidak terlalu besar. Tidak seperti kredit tanpa agunan yang memberikan plafon pinjaman hingga Rp500 juta, pinjaman dana online hanya bisa memberikanmu plafon pinjaman hingga Rp20-30 juta saja. Tapi sebenarnya plafon pinjaman yang tidak terlalu besar ini bisa menjadi kelebihan karena untuk kredit tanpa agunan, minimal plafon pinjaman yang harus diajukan adalah Rp5 juta sehingga bagi kamu yang butuh dana di bawah Rp5 juta tidak akan bisa mengajukan pinjaman. Berbeda dengan pinjaman online langsung cair yang mematok minimal dana pinjaman Rp1 juta saja.

7. Masa Tenor Singkat

Masa Tenor (www.wanista.com)

Plafon pinjaman yang tidak terlalu besar juga mempengaruhi masa tenor yang diberikan oleh pinjaman dana online. Biasanya masa tenor yang ditawarkan mulai dari hitungan 10 hari hingga 180 hari. Semakin lama masa tenor yang kamu ambil, maka semakin besar bunga cicilan yang harus dibayarkan. Jadi sebaiknya ketika mengambil pinjaman dana online, kamu juga memperhitungkan masa tenor yang diambil dan sesuaikan dengan kemampuan membayar cicilannya.

Baca juga: Cara Ajukan Kredit Tanpa Agunan Mandiri Dan Simulasi Perhitungannya

Istilah dalam Simulasi Pinjaman Dana Online

Melakukan Perhitungan (www.mypropertyboutique.com)

  • Kreditur

Merupakan lembaga keuangan yang meminjamkan sejumlah uang dengan sistem kredit kepada masyarakat. Contoh lembaga keuangan yang menjadi kreditur adalah bank, pegadaian, dan perusahaan fintech.

  • Debitur

Merupakan peminjam uang tunai kepada lembaga keuangan dengan cara kredit dalam jangka waktu tertentu.

  • Plafon Pinjaman

Pinjaman Dana Tunai (asiawebdirect.com)

Plafon pinjaman merupakan jumlah dana yang diberikan oleh bank kepadamu. Kisaran jumlahnya tergantung penyedia, tapi biasanya berkisar antara Rp1 juta hingga Rp20 juta.

  • Masa Tenor

Masa tenor merupakan jangka waktu peminjaman yang diberikan oleh pihak Bank BTN. Pemilihan masa tenor ini sangat berpengaruh pada besaran angka cicilan yang harus kamu bayarkan nanti. Jadi pertimbangkan dengan benar dalam memilih masa tenor.

  • Suku bunga

Merupakan besaran bunga yang harus dibayarkan setiap bulan bersama dengan cicilan atau angsuran dana. Dalam pinjaman dana online, suku bunga yang paling banyak digunakan adalah suku bunga flat dan suku bunga floating. Suku bunga flat merupakan bunga rata yang perhitungan bunga dan cicilan tetapnya sama sehingga setiap bulannya angka cicilan yang harus dibayar tak berubah hingga akhir masa tenor. Sedangkan suku bunga floating merupakan suku bunga yang berbeda-beda per bulannya tergantung dari pergerakan suku bunga di pasaran.

  • Cicilan Pokok

Pinjam Uang (Sumber: Jurnal.id)

Cicilan pokok adalah cicilan wajib yang dibayarkan setiap bulannya. Nominal cicilan pokok didapat dari membagi plafon pinjaman dengan masa tenor yang diambil.

  • Cicilan Angsuran

Cicilan angsuran ini berbeda dengan cicilan pokok karena cicilan angsuran merupakan gabungan antara cicilan pokok dengan bunga yang dibayarkan setiap bulannya.

Baca juga: Ingin Ajukan Pinjaman Cepat Tanpa Syarat Ribet? Cek Langsung Di Sini!

Ajukan Pinjaman Dana Online Seperlunya

Ingat selalu kalau dalam mengajukan pinjaman dana online, kamu harus mengajukan seperlunya saja alias jangan melebihi batas kemampuan keuangan supaya nantinya tidak terjadi tumpukan hutang dan juga supaya cicilan bisa dibayarkan dengan lancar hingga lunas. Selamat mengajukan pinjaman dana online.