Zaman Semakin Canggih, Cari Tahu Kekurangan Dan Kelebihan Menabung di Bank Yuk!

Di era modern sekarang ini semua orang menginginkan sesuatu yang mudah dan praktis. Sehingga banyak temuan-temuan baru yang bisa memudahkan kita semua, salah satu contohnya yaitu keberadaan bank. Dengan adanya bank tentunya memudahkan kita dalam melakukan transaksi keuangan, seperti menabung. Lalu, apa sajakah kelebihan dan kekurangan menabung di bank? Cari tahu ulasan selengkapnya berikut ini ya!

Kebiasaan menyimpan uang di bawah tempat tidur atau lemari, lambat laun mulai ditinggalkan dengan keberadaan Bank. Menabung di bank menjadi salah satu alternatif yang banyak dipilih orang untuk mengamankan aset kekayaannya. Kamu hanya perlu membawa satu kartu dan bisa melakukan berbagai transaksi dimana pun dan kapan pun. Belum lagi dengan hadirnya internet banking atau mobile banking yang semakin mempermudah transaksi keuangan.

Meski begitu, masih banyak yang belum tahu apa saja kelebihan dan kekurangan menabung di bank. Nah, kali ini TunaiKita akan memberikan informasinya untuk kamu, simak yuk!

Kekurangan dan Kelebihan Menabung di Bank yang Harus Kamu Ketahui

Panduan Cara Menabung di Bank, Beserta Cara Pembuatan ATM (www.wajibbaca.com)

Dengan keberadaan bank yang dapat memudahkan kita semua, berikut kelebihan yang dapat kamu rasakan jika menabung di bank, diantaranya:

1. Aman dari Berbagai Jenis Risiko

Menabung atau menyimpan uang di rumah tentu terdapat beberapa risiko yang akan dialami seperti ketika terjadi kebakaran, ketika kamu tidak sempat menyelamatkan semua uang yang kamu punya maka uang tersebut akan habis terbakar, belum lagi kalau ada perampok dan sebagainya. Dengan menabung di bank maka uangmu akan tetap aman dari resiko tersebut, kamu dapat menggunakannya kapanpun atau ingin menyimpannya sampai benar-benar membutuhkan.

Baca juga: Cari Tahu Perbedaan Rekening Tabungan Dan Simpanan Yuk!

2. Mudah Melakukan Transaksi

Ketika memiliki rekening tabungan maka kamu bisa menabungnya kapan saja melalui teller bank atau ATM non-tunai. Selain itu, kamu bisa mengambil uang tersebut kapan pun dengan menggunakan kartu ATM ketika membutuhkannya. Jika kamu ingin membeli barang atau mengirim uang, kamu dengan mudah dapat mentransfernya kapanpun dan dimanapun.

3. Keuntungan Bunga dan Bagi Hasil

Cara Menabung di Bank yang Mudah, Aman, Praktis (lifepal.co.id)

Uang yang ditabung dapat bertambah sesuai dengan ketentuan masing-masing bank. Jika kamu menabung di Bank Konvensional kamu akan menerima bunga sesuai dengan suku bunga yang berlaku dan saldo tabungan, jika kamu menabung di bank Syariah maka akan menerima keuntungan bagi hasil dengan nisbah yang telah disepakati. Tentunya jika saldo yang kamu miliki dalam tabungan semakin banyak maka keuntungan yang akan kamu peroleh semakin besar.

4. Promo Hadiah

Tak sedikit nasabah yang mendapatkan berbagai jenis hadiah, mulai dari hadiah hiburan hingga hadiah utama berupa mobil dan rumah. Syaratnya tingkatkan terus saldo tabungan di rekening, karena setiap kelipatan tertentu kamu akan mendapatkan poin yang akan di undi.

5. Lebih Praktis dan Simpel

Menabung di bank lebih praktis dan simpel. Kamu cukup merencanakan keuangan dengan melihat rincian-rincian dalam buku tabungan yang diberikan oleh bank. Dengan kata lain, buku tabungan boleh dibilang sebagai laporan keuanganmu.  Dengan buku tabungan, kamu dapat mengetahui keluar masuknya uang yang kamu miliki. Fasilitas setor tunai yang terdapat pada mesin ATM menjadikan transaksi keuangan lebih praktis. Kamu pun tidak perlu repot-repot ke bank hanya untuk melakukan penyetoran.

Baca juga: Deposito Atau Saham? Mana Yang Lebih Menguntungkan?

Kekurangan Menabung di Bank

11 Cara Menabung di Bank dengan Langkah yang Benar (www.idntimes.com)

Meski dengan adanya bank yang dapat memudahkan kita. Tentu ada kekurangan yang dapat kamu rasakan, diantaranya:

1. Potongan Setiap Bulan

Biaya administrasi yang dikenakan setiap bulan dan tergantung dari kebijakan masing-masing bank. Saat saldo tabungan ada di angka minimal, maka bank akan tetap memberikan potongan administrasi serta pemakaian dari kartu ATM.

Sebaiknya rekening saldo jangan sampai di angka minimal dan sampai tidak diisi sama sekali karena akan beresiko membuat rekening bank akan ditutup secara otomatis. Namun masih ada juga jenis tabungan yang tanpa potongan biaya administrasi tiap bulannya, seperti rekening bank yang tidak mengeluarkan kartu ATM, dan tabungan haji yang tidak mendapatkan bunga sama sekali.

2. Bunga Tabungan Sangat Kecil

Bunga tabungan yang diberikan bank saat ini terbilang sangat kecil dan sangat jauh berbeda dengan bunga rekening deposito. Sehingga perlu dipikirkan kembali apakah ingin menabung dalam bentuk uang di bank atau menabung dalam bentuk lain misal dalam bentuk dolar, emas atau bahkan property.

3. Terdapat Limit Transaksi

Saat membutuhkan uang dalam jumlah yang cukup banyak melebihi dari limit yang sudah ditentukan di kartu ATM per hari, maka kamu harus melakukan transaksi keesokan harinya lagi. Kemudian yang paling kurang menguntungkan ialah uang yang kita simpan di bank tidak akan berkembang karena bunga yang diberikan cukup kecil, sehingga lebih bermanfaat apabila disimpan dalam bentuk saham, dolar, emas dan lain sebagainya yang tidak akan terkena inflasi.

4. Memeriksa Kekurangan Akun

Banyak rekening giro datang dengan berbagai biaya yang mungkin dikenakan oleh pemegang akun. Biaya termasuk biaya bulanan atau pemeliharaan, biaya penarikan ATM dari mesin pihak ketiga, biaya transaksi dalam bank dan biaya transaksi over-the-phone untuk menggunakan layanan pelanggan. Beberapa bank juga memerlukan saldo minimum dan mengenakan biaya jika saldo akun lebih rendah dari minimum. Kerugian lain dari rekening giro termasuk pembatasan penarikan ATM, biaya overdraft potensial, dan biaya penggunaan kartu debit.

5. Tidak Gratis

Pada dasarnya, menabung uang di bank sama saja dengan menitipkan uang pada bank sebagai lembaga yang dipercaya. Tentu saja menabung di bank pada umumnya tidaklah gratis. Kamu harus membayar biaya administrasi setiap bulan yang langsung dipotong dari dana yang kamu tabung. 

Baca juga: 8 Kesalahan Finansial Ini Tidak Dilakukan Oleh Si Sukses

Aman Menabung di Bank

Terlepas dari kelebihan dan kekurangan yang sudah dijelaskan menabung di bank tetaplah lebih baik dibandingkan menyimpan uang dalam jumlah banyak di rumah. Cukup membayar biaya administrasi, dana kamu akan dijamin keamanannya. Coba bayangkan kalau dana yang kamu punya disimpan di rumah. Selain itu, menabung di bank kamu akan merasa lebih aman dan nyaman saat menyimpan uang. 

Nah, Sobat itu dia kekurangan dan kelebihan menabung di bank yang perlu kamu ketahui. Semoga informasi yang TimiKimi sampaikan dapat membantu dan menginspirasi.